Apakah Gelembung Harga Bitcoin Akan Pecah? Para Bear ETF Beri Peringatan!

Apakah Gelembung Harga Bitcoin Akan Pecah? Para Bear ETF Beri Peringatan!

Kenaikan harga Bitcoin yang tajam belakangan ini menimbulkan pertanyaan, apakah tren bullish ini akan terus berlanjut? Analis dari JPMorgan dan Peter Schiff, serta para bear ETF lainnya, mulai mengeluarkan peringatan bahwa kenaikan harga Bitcoin mungkin sudah terlalu tinggi.

SEC Menentukan Nasib Bitcoin

Ketika Grayscale Investments berdiskusi dengan SEC mengenai aplikasi ETF Bitcoin mereka, harga Bitcoin masih menunjukkan tren positif. Namun, Brian Dixon dari Off The Chain Capital mengungkapkan bahwa persetujuan SEC terhadap produk ETF Bitcoin mungkin tidak akan langsung menyulut kenaikan harga yang besar.

Baca Juga: DEMAND Luncurkan Pool Penambangan Bitcoin Strata V2 Pertama di Dunia

Dixon menambahkan bahwa meskipun ada permintaan yang kuat dari pasar tradisional, jarak antara persetujuan dan operasional ETF akan sangat menentukan. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan SEC sangat krusial dalam menentukan arah pasar Bitcoin selanjutnya.

Peringatan dari Para Bear ETF

adopsi bitcoin meningkat
Sumber: Forkast News

Peter Schiff, yang dikenal sebagai kritikus Bitcoin, telah memprediksi bahwa persetujuan ETF Bitcoin bisa menjadi puncak dari rally ini. Dia bahkan memperingatkan bahwa penurunan harga bisa terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan.

Mads Eberhardt, analis crypto dari Steno Research, juga berpendapat bahwa pasar telah terlalu banyak membeli cerita ETF Bitcoin. Analis dari JPMorgan pun menyatakan bahwa rally Bitcoin saat ini “berlebihan”, menambahkan kekhawatiran bahwa tren bullish mungkin tidak akan bertahan lama.

Analisis Teknikal Mendukung Bear

Berdasarkan analisis teknikal, terdapat bukti yang mendukung tesis para bear ETF. Indikator RSI (Relative Strength Indicator) Bitcoin menunjukkan divergensi bearish dari kenaikan harga Bitcoin di bulan November.

Perbedaan antara harga dan RSI ini semakin melebar menjelang Desember, menandakan bahwa mungkin ada kelelahan dalam tren bullish. Hal ini menambahkan bukti bahwa kenaikan harga Bitcoin yang terjadi belakangan ini mungkin tidak akan bertahan lama.

Paragraf Penutup

Dengan berbagai peringatan dari para analis dan indikasi dari analisis teknikal, tampaknya pasar perlu bersiap jika rally Bitcoin saat ini memang sudah terlalu jauh. Apakah ini akan menjadi akhir dari kenaikan harga Bitcoin, atau apakah pasar akan terus mengejutkan kita?

Baca Juga: Bitcoin Akan Mencapai $40.000 dalam Waktu Dekat? Ini Analisa dari Para Trader Crypto!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi