Apakah Ini Pertanda Akhir? Penurunan Aliran Dana GBTC Menunjukkan Harapan!

Apakah Ini Pertanda Akhir? Penurunan Aliran Dana GBTC Menunjukkan Harapan!

Kabar terbaru dari dunia crypto menunjukkan penurunan aliran dana keluar dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) untuk hari kedua berturut-turut. Fenomena ini memunculkan harapan bahwa aksi jual Bitcoin senilai miliaran dolar yang massif mungkin akan segera berakhir.

Data dari BitMEX Research menunjukkan bahwa aliran dana keluar GBTC pada tanggal 24 Januari adalah $429 juta, angka terkecil sejak peluncuran ETF Bitcoin spot oleh Grayscale pada 11 Januari. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Aliran Dana GBTC

penurunan aliran dana gbtc
Sumber: Akun X Bitmex Research

Analisis dari BitMEX Research mengungkapkan bahwa aliran dana keluar GBTC telah menurun sebesar 33% dibandingkan dengan awal minggu pada tanggal 22 Januari. Penurunan ini menandai hari kedua berturut-turut dimana aliran dana keluar tampak melambat, memberikan sedikit optimisme di tengah pasar yang guncang.

Eric Balchunas, analis ETF dari Bloomberg, menyatakan dalam sebuah postingan pada tanggal 25 Januari bahwa aliran dana keluar GBTC tampaknya menunjukkan tren penurunan. Namun, ia juga menekankan bahwa angka tersebut masih tergolong besar. Balchunas sebelumnya menyampaikan bahwa masih terlalu banyak ketidakpastian untuk menentukan kapan aksi jual besar-besaran GBTC akan berhenti.

Baca Juga: Gelombang Panik Investor! GBTC Alami Penarikan Bitcoin Terbesar

Interpretasi Data GBTC yang Salah?

grayscale bitcoin trust
Sumber: U Today

Arkham Intelligence, sebuah firma pelacak blockchain, telah mengeluarkan peringatan mengenai potensi kesalahpahaman dalam interpretasi data transaksi GBTC. Dalam sebuah postingan pada tanggal 24 Januari, Arkham menjelaskan bahwa data aliran dana keluar GBTC yang ditampilkan di platformnya terbagi antara deposit Coinbase Prime dan alamat penitipan GBTC yang baru.

Struktur input-output dari blockchain Bitcoin seringkali menyebabkan output transaksi dibagi ke beberapa alamat. Hal ini berarti tidak semua Bitcoin yang dipindahkan dari Grayscale Bitcoin Trust sebenarnya ditebus.

Dompet penitipan GBTC sering mengirim ke beberapa alamat, yang berarti sebagian Bitcoin yang dikirim dalam transaksi mungkin pergi ke alamat yang berbeda dari penerima utama yang ditampilkan di panel transaksi.

Kesimpulan

Meskipun ada penurunan aliran dana keluar GBTC, ini tidak serta merta menandakan bahwa “pendarahan” GBTC telah berakhir atau melambat. Dengan total 106.092 BTC, senilai sekitar $4,4 miliar, yang telah “berdarah” selama sembilan hari perdagangan, pasar masih menantikan tanda-tanda pasti dari stabilisasi GBTC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi