Apakah Amerika Berhasil Menjinakkan Inflasi? Ini yang Harus Kamu Ketahui!

Apakah Amerika Berhasil Menjinakkan Inflasi? Ini yang Harus Kamu Ketahui!

Perang melawan inflasi semakin sengit. Dengan negara-negara ekonomi besar dunia berjuang untuk menjaga stabilitas ekonomi mereka, fokus bergeser ke satu pemain kunci: Amerika Serikat.

Angka terbaru yang masuk menimbulkan pertanyaan dan memberikan gambaran apakah strategi negara tersebut benar-benar membuahkan hasil atau hanya sekedar pengalihan isu.

Strategi Federal Reserve AS

Sulit untuk mengabaikan keberanian dengan mana Federal Reserve AS atau Fed telah meningkatkan suku bunga.

Pendekatan yang optimis ini bertujuan untuk meredam permintaan yang luar biasa, tampaknya mendinginkan inflasi yang telah mengekang negara tersebut.

Baca Juga: Flatcoins: Senjata Rahasia Melawan Inflasi yang Mengguncang Dunia Crypto!

Data terbaru dari Bureau of Labor Statistics menunjukkan bahwa angka inflasi untuk September mengalami kenaikan 3,6% YoY.

Sebuah penurunan kecil dibandingkan dengan 3,7% pada Agustus. Namun, ini menimbulkan pertanyaan: Apakah penurunan kecil ini merupakan tanda hari yang lebih baik atau hanya istirahat singkat dalam ekonomi yang sebaliknya bergejolak?

Dampak Global: Fokus pada UK dan China

Di seberang samudra, Inggris sedang berjuang melawan iblis ekonominya. Setelah penurunan pada Juli, berkat pemogokan yang tidak tepat waktu dan hujan lebat yang tak henti-hentinya, harapan tinggi untuk rebound pada Agustus.

Sementara itu, di Timur, China menjadi sorotan. Meskipun ada prediksi perlambatan, China tampaknya tangguh.

CPI negara tersebut pada September diharapkan menunjukkan kenaikan 0,2% YoY, peningkatan yang pasti dari Agustus. Namun, tidak semua data menunjukkan hal yang sama.

Paragraf Penutup

Simfoni ekonomi global sangat rumit. AS membuat upaya berani untuk mengekang inflasi yang merajalela, tetapi jalannya dipenuhi dengan rintangan.

Meskipun penurunan kecil dalam inflasi September 2023 adalah kabar baik, penting untuk tetap waspada dan proaktif.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Hanya waktu yang akan memberi tahu apakah strategi ini menghasilkan hasil yang berkelanjutan atau hanya perban pada luka ekonomi yang dalam. Dunia menyaksikan, mengkritik, dan menunggu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi