Apakah Altseason Benar Sudah Dimulai? Ini Analisanya!

Apakah Altseason Benar Sudah Dimulai? Ini Analisanya!

Harga Ethereum (ETH) yang mendekati $3.000 setelah reli selama sebulan telah memicu spekulasi di media sosial kripto tentang kemungkinan dimulainya altseason. Namun, beberapa analis memiliki pendapat yang berbeda. Simak analisa lengkapnya disini!

Altseason: Harapan dan Keraguan

Seruan untuk potensi “altseason” semakin keras terdengar karena Ether mendekati level $3.000. Namun, beberapa analis memperingatkan bahwa altseason mungkin belum akan segera terjadi. Pada tanggal 19 Februari, harga Ethereum (ETH) mencapai level tertinggi intraday dan 22 bulan di $2.980.

Terakhir kali aset ini diperdagangkan di atas $3.000 adalah pada bulan April 2022. Pergerakan harga ini tampaknya telah membuat banyak pengamat percaya bahwa “pasar bullish ETH” sudah dekat, sementara yang lain menyatakan bahwa altseason telah kembali ke dunia kripto.

analisa altcoin
Sumber: Akun X Titan of Crypto

“Saya pikir ada beberapa katalis kuat yang akan datang yang mungkin memicu reli altcoin,” kata kepala investasi Apollo Capital, Henrik Andersson, dalam komentarnya kepada Cointelegraph. “Kita memasuki pasar bullish ETH [yang merupakan] beta untuk altcoin,” kata Yuga Cohler, seorang manajer teknik senior di Coinbase X.

Sementara itu, ekonom dan pedagang Mikybull Crypto mengatakan kepada 60.000 pengikutnya di Twitter bahwa bulan Maret selalu bullish untuk ETH, dan $3.000 sudah di depan mata, menambahkan, “Siklus altseason kali ini akan sangat besar!” Analis teknis dan pedagang Titan of Crypto membagikan grafik total kapitalisasi pasar altcoin tanpa Bitcoin (BTC) dan ETH, yang menunjukkan penembusan.

Baca Juga: Bitcoin: Akankah Harga Meroket Hingga $70.000?

Analis: Belum Ada Bukti Altseason

Namun, Markus Thielen, kepala 10x Research, mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa altcoin season akan datang. Ia menjelaskan bahwa untuk memulai altcoin season yang layak, “diperlukan pengurangan dominasi Bitcoin yang berkelanjutan di bawah 45%.” Analis tersebut juga menunjukkan bahwa reli altcoin baru-baru ini dengan cepat memudar, menunjukkan potensi risiko yang disesuaikan lebih tinggi yang mendukung investasi Bitcoin.

Selain itu, momentum Ethereum juga tampaknya didorong oleh potensi persetujuan ETF pada bulan Mei daripada peningkatan aktivitas on-chain dalam aplikasi terdesentralisasi, katanya, dan menyimpulkan:

Pada tanggal 20 Februari, perusahaan analitik blockchain Santiment melaporkan bahwa sejak pasar kripto mulai bergerak pada bulan Oktober, “sebagian besar” proyek kripto telah menghasilkan keuntungan bagi dompet rata-rata dalam jangka waktu menengah hingga panjang selain dari beberapa altcoin yang tertinggal.

Namun, ia memperingatkan bahwa modelnya menunjukkan sinyal overbought, mengutip metrik market value to realized value (MVRV), yang mengungkapkan bahwa ada risiko yang lebih tinggi daripada rata-rata dalam membeli atau membuka posisi baru saat pasar berada di tengah lonjakan 4+ bulan. MVRV adalah rasio total kapitalisasi pasar dibagi dengan kapitalisasi yang direalisasikan. Ini digunakan untuk melihat puncak dan dasar pasar lokal.

Baca Juga: Solana (SOL) Siap Meroket di Tahun 2024, Ini Analisa Lengkapnya!

Menimbang Antusiasme dan Skeptisisme

Berdasarkan pengembalian perdagangan rata-rata, banyak aset telah melihat keuntungan yang cukup tinggi sejak pasar mulai booming pada pertengahan Oktober 2023. Di luar beberapa altcoin yang tertinggal, sebagian besar proyek kripto telah menghasilkan keuntungan bagi dompet rata-rata.

Di tengah diskusi tentang altseason yang semakin intensif di tengah reli Ether, investor disarankan untuk mendekati pasar dengan hati-hati. Meskipun kinerja Ethereum tidak diragukan lagi signifikan, lintasan pasar altcoin yang lebih luas masih belum pasti, membutuhkan penilaian yang seimbang terhadap dinamika pasar dan faktor risiko.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi