Apa Itu Kredit Hipotek Berbasis Crypto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Kredit Hipotek Berbasis Crypto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dalam dunia keuangan yang terus berkembang, kredit hipotek berbasis crypto muncul sebagai solusi inovatif bagi mereka yang ingin memanfaatkan aset crypto mereka. Tetapi bagaimana sebenarnya kredit jenis ini bekerja?

Mekanisme Kredit Hipotek Berbasis Crypto

Kredit hipotek berbasis crypto melibatkan penggunaan aset crypto sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman konvensional.

Proses memperoleh kredit jenis ini dimulai dengan peminjam memberikan crypto mereka kepada pemberi pinjaman sebagai jaminan.

Baca Juga: Tren Baru di Dunia NFT: Arcade.xyz Sediakan Pinjaman dengan Jam Rolex Sebagai Jaminan!

Pemberi pinjaman kemudian menghitung jumlah pinjaman maksimal berdasarkan nilai jaminan tersebut.

Penentuan Ketentuan Pinjaman

Sebelum menentukan suku bunga, periode pembayaran, dan durasi pinjaman, pemberi pinjaman akan menilai kelayakan crypto yang ditawarkan sebagai jaminan.

Setelah ketentuan disepakati, peminjam menyetor jumlah crypto yang disepakati ke akun escrow pemberi pinjaman.

Di dalam akun escrow, pihak ketiga akan menyimpan dan mengelola dana atau dokumen atas nama kedua belah pihak hingga kriteria tertentu terpenuhi.

Mengendalikan Risiko Volatilitas

mata uang nigeria dinilai rendah
Financial Times

Selama durasi pinjaman, jaminan tetap terkunci. Untuk mengendalikan risiko volatilitas, peminjam seringkali perlu memiliki buffer atau margin tertentu antara nilai jaminan dan saldo pinjaman.

Pembayaran biasanya dilakukan dalam mata uang fiat. Setelah pembayaran selesai, peminjam mendapatkan kembali jaminannya.

Namun, jika nilai crypto turun drastis, mungkin diperlukan margin call, di mana peminjam harus mengembalikan margin yang diperlukan.

Apa Itu Buffer?

Dalam konteks pinjaman dengan crypto sebagai jaminan, buffer adalah perbedaan persentase yang telah ditentukan antara saldo pinjaman dan nilai jaminan.

Buffer ini bertindak sebagai bantal keamanan bagi kedua pihak, mencegah perubahan nilai crypto dari menyebabkan margin call atau likuidasi jaminan secara instan.

Kredit hipotek berbasis kripto menawarkan solusi bagi mereka yang ingin memanfaatkan aset crypto mereka tanpa harus menjualnya.

Baca Juga: Platform Pinjaman NFT Gondi Meluncur dengan Pendanaan Rp80 Miliar, Bagaimana Cara Kerjanya?

Meskipun menawarkan banyak keuntungan, penting untuk memahami mekanisme dan risikonya sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman jenis ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: