Apa itu Bitcoin ETF, Mengapa Hal Ini Begitu Menarik?

author:

Apa itu Bitcoin ETF, Mengapa Hal Ini Begitu Menarik?

Bitcoin ETF (Exchange-Traded Fund) menawarkan cara bagi investor untuk mendapatkan eksposur ke pasar crypto tanpa harus memiliki Bitcoin secara langsung. Dengan meningkatnya minat pada crypto, pemahaman tentang Bitcoin ETF menjadi penting bagi investor tradisional dan crypto.

Apa Itu Bitcoin ETF?

etf bitcoin analis bloomberg

ETF adalah dana investasi yang diperdagangkan di bursa saham, mirip dengan saham. Bitcoin ETF tidak berdagang Bitcoin secara langsung; sebaliknya, melacak kontrak berjangka Bitcoin atau memiliki kunci pribadi yang terkait dengan crypto.

Baca juga: Pendiri Skybridge Capital, Anthony Scaramucci, Beberkan Alasannya Bullish terhadap Bitcoin

Ada dua jenis utama Bitcoin ETF: berbasis masa depan dan spot. ETF berbasis masa depan melacak kontrak berjangka Bitcoin, sementara ETF spot memegang aset Bitcoin sebenarnya.

Meskipun ETF spot Bitcoin belum tersedia di Amerika Serikat, ada harapan bahwa situasi ini akan berubah dalam waktu dekat.

Mengapa Bitcoin ETF Begitu Menarik?

Bagi banyak investor, proses membeli dan menyimpan Bitcoin masih tampak rumit dan menakutkan. Hal ini meningkatkan daya tarik Bitcoin ETF sebagai alternatif yang lebih sederhana.

Dengan Bitcoin ETF, investor tidak perlu khawatir tentang kunci pribadi, penyimpanan, atau keamanan. Mereka memiliki saham di ETF seperti saham biasa, mendapatkan eksposur ke pasar crypto tanpa harus membeli dan menyimpan crypto.

Selain itu, Bitcoin ETF diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan penerimaan Bitcoin di kalangan investor tradisional.

Baca juga: Franklin Templeton Membawa Badai ke Dunia Bitcoin ETF: Apa yang Harus Kamu Ketahui!

Dampak Potensial dari Peluncuran Bitcoin ETF

Peluncuran Bitcoin ETF di AS diperkirakan akan meningkatkan kepercayaan dan penerimaan Bitcoin di kalangan investor mainstream.

Persetujuan Bitcoin ETF oleh SEC akan memungkinkan investor institusi untuk berspekulasi tentang harga Bitcoin dengan lebih mudah, membawa Bitcoin ke Wall Street.

Hal ini juga diharapkan dapat memberikan dorongan besar bagi harga Bitcoin, mengingat potensi aliran dana baru ke pasar.

Seiring dengan perkembangan industri crypto, Bitcoin ETF mewakili langkah penting menuju integrasi dengan pasar keuangan tradisional. Dengan potensi untuk mengubah cara investor melihat dan berinteraksi dengan Bitcoin, ETF ini layak mendapat perhatian dari komunitas investasi global.

Referensi: