4 Crypto yang Wajib Dipantau dalam Waktu Dekat Menjelang ETF Bitcoin!

4 Crypto yang Wajib Dipantau dalam Waktu Dekat Menjelang ETF Bitcoin!

Di tengah antisipasi persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC Amerika Serikat, pasar crypto menunjukkan dinamika menarik. Investor dan trader crypto kini menatap masa depan dengan harapan tinggi, terutama antara tanggal 8 dan 10 Januari, saat keputusan ETF diharapkan. Mari kita selami lebih dalam fenomena ini dan dampaknya pada beberapa mata uang digital utama!

Bitcoin dan Harapan ETF

analisa bitcoin hari ini
Sumber: Cointelegraph

Bitcoin, yang selalu menjadi pusat perhatian di pasar crypto, kini berada di ambang keputusan penting. Analis memperkirakan bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot dapat memicu lonjakan harga Bitcoin.

Namun, ada kemungkinan trader akan mulai mengambil keuntungan setelah euforia awal, mengikuti pola klasik “beli rumor, jual berita”. Jika ETF tidak disetujui, kita mungkin melihat penurunan harga yang tajam, tetapi ini tidak diharapkan memicu pasar bearish karena fokus akan beralih ke Bitcoin halving pada April.

Di sisi lain, jika Bitcoin tetap kuat, beberapa altcoin diprediksi akan melanjutkan tren naik mereka. Ini menunjukkan bahwa Bitcoin masih memiliki pengaruh besar dalam menentukan arah pasar crypto secara keseluruhan.

Baca Juga: Minggu Penentuan Ekonomi AS dan Nasib ETF Bitcoin, Ini 3 Hal yang Wajib Dipantau!

Internet Computer (ICP)

analisa icp hari ini 8 januari
Sumber: Cointelegraph

ICP telah mengalami penurunan tajam, menandakan bahwa investor mungkin sedang mengambil keuntungan. Namun, ada peluang untuk rebound jika harga dapat bertahan di atas rata-rata pergerakan 20 hari sebesar $11,18.

Jika ini terjadi, ICP bisa kembali mencapai level $14,40 dan bahkan $16. Namun, divergensi negatif pada RSI menunjukkan bahwa momentum mungkin melemah, dan penutupan di bawah rata-rata pergerakan 20 hari bisa menandakan akhir dari tren naik saat ini.

Arbitrum (ARB) dan Potensi Kenaikannya

analisa arb hari ini
Sumber: Cointelegraph

ARB gagal bertahan di atas $2, yang mungkin telah mendorong trader jangka pendek untuk mengambil keuntungan. Sekarang, ARB menghadapi pertempuran penting di level $1,75. Jika harga dapat memantul dengan kuat dari level ini, ada kemungkinan ARB akan menguji kembali tinggi $2,11 pada 4 Januari.

Jika berhasil melewati level ini, ARB bisa menuju ke $2,50. Namun, jika level $1,75 tidak bertahan, ARB mungkin turun ke rata-rata pergerakan 20 hari sebesar $1,59, yang akan menjadi pertahanan kritis bagi bulls.

Baca Juga: Pengiriman 26 Bitcoin Kepada Satoshi Nakamoto, Apa Motifnya?

Maker (MKR) dan Tren Positifnya

analisa maker hari ini
Sumber: Cointelegraph

MKR telah mengalami penarikan kembali dalam tren naiknya, tetapi bulls berhasil mencegah harga jatuh di bawah level breakout $1,651. Dengan rata-rata pergerakan 20 hari yang meningkat dan RSI di dekat zona overbought, ini menunjukkan keuntungan bagi pembeli.

Jika rebound dari $1,651 bertahan, MKR dapat mencoba reli ke resistensi overhead di $2,000. Namun, rata-rata pergerakan 20 hari adalah dukungan kritis untuk diperhatikan, dan penutupan di bawah level ini dapat menarik MKR ke rata-rata pergerakan 50 hari sebesar $1,483.

Kesimpulan

Dengan berbagai dinamika yang terjadi di pasar crypto, termasuk antisipasi ETF Bitcoin spot, investor dan trader harus tetap waspada. Pergerakan harga Bitcoin dan altcoin seperti ICP, ARB, dan MKR menunjukkan bahwa pasar crypto tetap penuh dengan peluang, tetapi juga risiko. Keputusan ETF yang akan datang bisa menjadi momen penting yang menentukan arah pasar crypto di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: