Jadi Pesaing OpenAI, Anthropic Terima Dana Investasi $100 Juta dari SK Telecom

author:

Jadi Pesaing OpenAI, Anthropic Terima Dana Investasi $100 Juta dari SK Telecom

SK Telecom, raksasa telekomunikasi terbesar di Korea Selatan, telah mengumumkan investasi sebesar $100 juta di Anthropic, sebuah perusahaan kecerdasan buatan (AI) yang berbasis di AS. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat bisnis AI yang didorong oleh telekomunikasi.

Kemitraan Anthropic dan SK Telecom

sk telcom berinvestasi pada antrophic
Sumber: PYMNTS

Anthropic, yang dikenal sebagai pesaing OpenAI dalam membangun model dasar AI, telah mendapatkan dukungan finansial yang signifikan dari berbagai investor, termasuk Google. Dengan investasi terbaru dari SK Telecom, kedua perusahaan berencana untuk mengembangkan model bahasa besar multibahasa yang berorientasi pada telekomunikasi global dan membangun platform AI.

Baca juga: Google dan Universal Music Bersatu untuk Musik AI: Apakah Ini Masa Depan Industri Musik?

CEO Anthropic, Dario Amodei, menyatakan bahwa SK Telecom memiliki ambisi besar untuk menggunakan AI dalam mentransformasi industri telekomunikasi. Dengan kemitraan ini, kedua perusahaan berharap dapat menciptakan sinergi dan memimpin ekosistem AI bersama mitra telekomunikasi global mereka.

Lebih lanjut, investasi ini juga menandai langkah penting bagi SK Telecom dalam memperkuat komitmennya terhadap kemajuan AI di sektor telekomunikasi.

Model Claude Anthropic: Saingan Utama GPT-4 OpenAI

Anthropic, yang didirikan oleh mantan eksekutif OpenAI pada tahun 2021, dikenal dengan model Claude-nya yang dianggap sebagai saingan utama dari GPT-4 milik OpenAI. Model Claude dirancang untuk mempermudah berbagai tugas korporasi, termasuk layanan pelanggan, pemasaran, penjualan, dan aplikasi konsumen interaktif.

Dengan teknologi pelatihan “konstitusi”, model Claude kurang bergantung pada teknik RLHF (reinforcement learning from human feedback) seperti yang digunakan oleh OpenAI, membuat modelnya teoritis kurang rentan terhadap bias manusia.

Versi terbaru, Claude 2, diluncurkan pada Juli dan menawarkan aksesibilitas melalui situs web beta dan API, memperluas basis pengguna Anthropic.

Baca juga: OpenAI Luncurkan GPTBot: Langkah Baru Menuju Generasi AI Selanjutnya dengan GPT-5!

Kedudukan Anthropic di Industri AI

Anthropic telah berhasil mengumpulkan dana sebesar $450 juta dari berbagai investor, termasuk Google dan Spark Capital. Perusahaan ini juga telah menerima investasi dari SK Telecom pada bulan Mei, meskipun besaran investasi tersebut tidak diungkapkan.

Selain kemitraan dengan SK Telecom, Anthropic juga telah bekerja sama dengan Deutsche Telekom, e& dan Singapore Telecommunications untuk mengembangkan bisnis AI yang didorong oleh telekomunikasi.

Dengan dukungan dan kemitraan ini, Anthropic menunjukkan potensinya sebagai pemain utama di dunia AI, dengan model-modelnya yang inovatif dan kemitraan strategis dengan pemain besar di industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: