Anggota DPR AS Desak Ketua SEC untuk Setujui Opsi ETF Bitcoin

author:

Anggota DPR AS Desak Ketua SEC untuk Setujui Opsi ETF Bitcoin

Jakarta, Pintu News – Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) telah menjadi pusat perhatian baru-baru ini karena perannya dalam menyetujui atau menolak opsi perdagangan pada ETF Bitcoin Spot.

Dalam sebuah upaya bipartisan, Perwakilan Mike Flood dan Wiley Nickel telah menulis surat kepada ketua SEC, Gary Gensler, mendesaknya untuk mempertimbangkan permintaan mereka untuk menyetujui opsi perdagangan pada ETF Bitcoin Spot.

Ketua SEC Gary Gensler Didesak untuk Menyetujui Opsi ETF Bitcoin

Dilansir dari Coingape, permintaan ini muncul setelah penundaan yang dihadapi oleh para penerbit dalam meluncurkan opsi setelah persetujuan bersejarah ETF Bitcoin Spot pada bulan Januari.

Baca juga: Bank Eropa dengan AUM $600 Miliar Berinvestasi di ETF Bitcoin BlackRock!

ETF tersebut mendapatkan persetujuan SEC setelah penundaan yang lama, yang akhirnya terjadi setelah putusan pengadilan. Sekarang, Flood dan Nickel bersikeras agar SEC tidak melakukan diskriminasi terhadap dana yang baru didirikan ini.

Dalam surat mereka, Flood dan Nickel menekankan pentingnya menyetujui perdagangan opsi pada ETF Bitcoin bagi para investor yang ingin dilindungi oleh SEC.

Mereka juga meminta penjelasan yang transparan tentang perbedaan perlakuan antara opsi untuk ETF berjangka Bitcoin dengan opsi untuk ETF Bitcoin Spot.

Perbedaan Persetujuan antara ETF Saham dan ETF Berbasis Trust Komoditas

Perbedaan dalam proses persetujuan antara ETF saham pasar dan ETF berbasis trust komoditas telah menjadi masalah yang sedang berlangsung.

ETF saham biasanya mendapatkan persetujuan perdagangan opsi segera setelah peluncuran, sementara dana berbasis trust komoditas menghadapi proses yang lebih rumit dan memakan waktu lebih lama.

Kompleksitas ini muncul karena perlunya mendapatkan persetujuan dari beberapa lembaga pemerintah, termasuk Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

Baca juga: Bitcoin Bangkit Kembali Setelah The Fed Pertahankan Suku Bunga

Akankah CFTC Terlibat?

crypto komoditas
Sumber: CoinMarketCap

Menurut laporan Axios, surat yang dikirim ke Gensler berbunyi,

“Kami mendesak Anda, tanpa penundaan, untuk menyetujui opsi pada ETP Bitcoin spot atau memberikan penjelasan tentang perbedaan perlakuan Komisi antara opsi untuk ETF berjangka Bitcoin—yang saat ini diperdagangkan—dan opsi untuk ETP Bitcoin spot.”

Orang dalam yang dekat dengan masalah ini mengantisipasi CFTC menjadi kendala utama daripada SEC. Keterlibatan CFTC dalam menyetujui produk semacam itu juga berasal dari kontradiksi baru-baru ini dari SEC atas kontroversi Ethereum (ETH).

Oleh karena itu, masih harus dilihat apakah CFTC dan SEC akan bekerja sama dalam memutuskan apakah opsi ETF Bitcoin harus disetujui atau tidak.

Secara keseluruhan, permintaan Flood dan Nickel untuk menyetujui opsi perdagangan pada ETF Bitcoin Spot telah menambah tekanan pada SEC untuk mengambil tindakan. Dengan persetujuan ETF Bitcoin Spot baru-baru ini, investor berharap untuk mendapatkan akses yang lebih mudah ke pasar mata uang kripto melalui opsi perdagangan.

Namun, masih harus dilihat apakah SEC akan menyetujui permintaan ini atau tidak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: