Crust Network: Ini Dia Teknologi Baru Penyimpanan Desentralisasi

Crust Network: Ini Dia Teknologi Baru Penyimpanan Desentralisasi

Crust Network merupakan bagian dari revolusi penyimpanan desentralisasi, memberikan solusi bagi ekosistem Web3.

Dengan menggabungkan teknologi seperti IPFS, Crust menawarkan alternatif penyimpanan yang lebih aman, terjangkau, dan handal dibandingkan penyedia penyimpanan terpusat.

Apa Itu Crust Network?

Crust menyediakan jaringan penyimpanan desentralisasi untuk ekosistem Web3. Dengan mendukung protokol lapisan penyimpanan seperti IPFS, Crust menawarkan antarmuka penyimpanan ke lapisan aplikasi.

Crust memungkinkan pengguna untuk mengunggah, menyimpan, dan mendistribusikan file dengan tiga langkah sederhana: menambahkan file ke jaringan IPFS, menempatkan pesanan penyimpanan di Crust Chain, dan mengakses file melalui antarmuka IPFS standar setelah pesanan berhasil.

Baca Juga: Wemade Gandeng Chainlink Labs untuk Masa Depan Industri Game Web3!

Crust dapat digunakan dalam berbagai skenario, termasuk hosting DApps/website tanpa server, penyimpanan data off-chain, pengiriman konten yang dipercepat, dan penyimpanan cloud yang aman.

Bagaimana Crust Bekerja?

Bagaimana Crust Bekerja?

Crust bekerja dalam 3 lapisan: MPoW (Meaningful Proof of Work) yang merupakan lapisan bukti penyimpanan rendah/zero-trust, GPoS (Guaranteed Proof of Stake) sebagai lapisan konsensus yang berasal dari PoS, dan DSM (Decentralized Storage Market) yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan pesanan penyimpanan di rantai.

MPoW adalah lapisan bukti penyimpanan rendah-kepercayaan yang menghasilkan laporan pekerjaan penyimpanan yang dapat dipercaya dan diunggah ke rantai secara berkala.

GPoS adalah protokol konsensus yang berasal dari PoS, di mana setiap node memiliki kuota stakingnya sendiri, yang ditentukan oleh sumber daya penyimpanan dan pekerjaannya yang terbukti.

Mengapa Memilih Crust Network?

Crust Network dibangun di atas IPFS dan menambahkan fitur tambahan seperti pasar penyimpanan desentralisasi, kontrak pintar, dan kemampuan lintas-rantai.

Pengguna dapat mengunggah file hingga 32GB melalui Crust Gateway dan klien IPFS. Crust juga menawarkan solusi penyimpanan file gratis melalui Crust Files.

Dibandingkan dengan Filecoin dan Arweave, Crust menawarkan keunggulan seperti kompatibilitas lintas-rantai, biaya penyimpanan yang lebih rendah, waktu akses yang lebih cepat, dan antarmuka yang lebih ramah pengguna.

Baca Juga: Stars Arena, Aplikasi Mirip Friend.tech, Picu Lonjakan Aktivitas di Avalanche!

Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkannya, Crust Network siap menjadi pemimpin dalam revolusi penyimpanan desentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: