Bitcoin Siap Melambung Lagi? Siklus Harga BTC Saat Ini Mirip Tahun 2015 – 2017!

Bitcoin Siap Melambung Lagi? Siklus Harga BTC Saat Ini Mirip Tahun 2015 – 2017!

Sebuah laporan terbaru dari firma riset Delphi Digital menggambarkan konsistensi harga dan tren di pasar crypto. Analisis ini menyoroti keterkaitan antara siklus 4 tahunan Bitcoin dan tren ekonomi makro. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pengaruh Siklus Ekonomi terhadap Performa Bitcoin

Dilansir dari Cointelegraph, analisis Delphi menyoroti sifat siklikal pasar crypto. Siklus ini mencakup periode antara puncak ke dasar, periode pemulihan ke puncak siklus sebelumnya, dan waktu kenaikan harga ke puncak siklus baru.

ISM AS
Bitcoin/USD dari tahun ke tahun (oranye) vs Indeks Manufaktur ISM AS dari tahun ke tahun (putih). Sumber: Delphi Digital

Penelitian menunjukkan korelasi menarik antara puncak harga Bitcoin dan perubahan dalam siklus bisnis, seperti yang ditunjukkan oleh Indeks Manufaktur ISM. Selama puncak harga Bitcoin, ISM menunjukkan tanda-tanda mencapai puncak, sementara saat siklus bisnis menunjukkan pemulihan, aktivitas jaringan juga meningkat.

Baca Juga: Keputusan Penting Grayscale Bitcoin ETF: Apakah Ini Waktunya untuk Revolusi Crypto?

Aksi Harga Bitcoin Mirip Fase Pra-Kenaikan 2015-2017

skala 4 tahunan harga bitcoin
Harga Bitcoin dalam USD (skala log) yang mencerminkan siklus 4 tahunan. Sumber: Delphi Digital

Laporan tersebut menunjukkan bahwa lingkungan pasar saat ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan periode antara 2015 dan 2017. Pola perdagangan pasar, terutama di S&P 500, sangat mirip dengan trajektori yang diamati selama periode tersebut.

Delphi menyoroti kesamaan antara prospek pertumbuhan global yang suram selama 2015-2016 dan periode ketidakpastian ekonomi baru-baru ini pada 2021-2022. Faktor-faktor seperti kekuatan dolar AS dan perubahan dalam siklus likuiditas global menggema masa lalu.

Baca Juga: Studi Terbaru Menunjukkan Penambangan Bitcoin Bisa Jadi Kunci Revolusi Energi Hijau!

Pasar Crypto Menunjukkan Optimisme

Analisis Delphi memberikan bukti kuat bahwa pasar crypto beroperasi dalam pola siklikal yang mencerminkan perubahan ekonomi makro yang lebih luas. Prediksi laporan tentang puncak baru pada kuartal keempat 2024 sejalan dengan pola halving historis.

Halving Bitcoin yang akan datang pada 2024 menambah keyakinan terhadap ekspektasi firma tentang kemungkinan pasar bullish pada kuartal keempat tahun tersebut. Meskipun analisis ini memiliki risiko dan ketidakpastian, prospek keseluruhan untuk pasar crypto dalam 12-18 bulan ke depan tampak menjanjikan.

Dengan berbagai indikator dan analisis historis yang mendukung, pasar crypto mungkin sedang bersiap untuk fase pertumbuhan baru yang mirip dengan 2015-2017.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: