Bitcoin dan Altcoin Terancam Turun, Simak Analisisnya!

Bitcoin dan Altcoin Terancam Turun, Simak Analisisnya!

Cryptocurrency sedang mengalami masa-masa sulit. Setelah sempat meroket di awal tahun, harga crypto utama seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) kini sedang mengalami penurunan. Analis memperingatkan bahwa penurunan ini bisa berlanjut dalam beberapa minggu ke depan.

Analisis Harga Bitcoin

Harga Bitcoin baru-baru ini mengalami volatilitas yang tinggi. Pada awal Januari, harganya sempat naik mendekati $49.000 karena antisipasi peluncuran spot Bitcoin exchange-traded funds (ETF). Namun, harga kemudian turun karena Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mengalami likuidasi besar-besaran.

Namun, ada tanda positif bahwa arus keluar GBTC telah berkurang dalam beberapa hari terakhir. Data langsung dari perusahaan intelijen Arkham menunjukkan arus keluar sebesar $340 juta dari dana Grayscale, peningkatan marjinal dibandingkan arus keluar $270 juta pada 30 Januari tetapi jauh lebih rendah dari arus keluar puncak $641 juta pada 22 Januari.

Baca Juga: Game Legendaris Doom Kini Bisa Dimainkan di Jaringan Dogecoin! Gimana Caranya?

Trader kemungkinan akan secara bertahap mengalihkan fokus mereka dari arus ETF Bitcoin ke Bitcoin halving yang akan datang pada bulan April. Trader crypto anonim Rekt Capital mengatakan dalam sebuah posting X (sebelumnya Twitter) pada 29 Januari bahwa penurunan Bitcoin dalam dua minggu ke depan bisa menjadi kesempatan terakhir untuk membeli sebelum reli pra-halving dimulai.

Analisis Harga Altcoin

Analisis Harga Altcoin
Coin360

Selain Bitcoin, altcoin utama lainnya seperti Ethereum (ETH), BNB, Solana (SOL), XRP, Cardano (ADA), Avalanche (AVAX), Dogecoin (DOGE), Polkadot (DOT), dan Chainlink (LINK) juga mengalami penurunan harga. Ethereum (ETH) gagal menembus level resistensi $2.400, sementara BNB ditolak dari garis tren turun.

Solana (SOL) mencoba untuk pulih dari pola segitiga menurun, tetapi menghadapi resistensi di $107. XRP gagal bertahan di atas moving average 20 hari, sementara Cardano (ADA) tertahan di dalam channel yang menurun.

Avalanche (AVAX) bergerak dalam pola channel menurun, sementara Dogecoin (DOGE) berjuang untuk menembus moving average 20 hari. Polkadot (DOT) terjebak dalam kisaran antara $6 dan moving average 50 hari, sementara Chainlink (LINK) gagal menembus resistensi di $17,32.

Analisis On-chain Bitcoin

Analisis On-chain Bitcoin
TradingView

Analisis on-chain Bitcoin menunjukkan bahwa para penambang telah menjual lebih banyak BTC daripada biasanya. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan pasokan BTC di pasar crypto, yang dapat mengakibatkan penurunan harga yang substansial.

Namun, perlu dicatat bahwa para penambang telah mengamankan keuntungan yang cukup besar, sehingga mereka memiliki kapasitas untuk menahan potensi koreksi yang lebih dalam di pasar BTC di masa depan.

Paragraf Penutup

Secara keseluruhan, prospek jangka pendek untuk cryptocurrency terlihat suram. Bitcoin dan altcoin utama lainnya menghadapi tekanan jual yang kuat dan dapat mengalami penurunan lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pasar cryptocurrency sangat fluktuatif dan dapat berubah dengan cepat. Oleh karena itu, investor harus selalu berhati-hati dan melakukan riset sendiri sebelum membuat keputusan investasi.

Baca Juga: Para Analis Sebut Harga Bitcoin Terancam Anjlok 30% Pasca Pertemuan FOMC!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi