Peluang ETF Bitcoin di Tahun 2024, Ini 3 Hal yang Perlu Diketahui!

Peluang ETF Bitcoin di Tahun 2024, Ini 3 Hal yang Perlu Diketahui!

Pasar crypto sedang dihebohkan dengan berita yang beredar tentang potensi persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC. Apakah ini akan menjadi momen penting bagi dunia crypto, atau hanya sekedar harapan yang tidak akan terwujud?

Dampak Krisis Perbankan Terhadap NFT

Krisis yang melanda sektor perbankan saat ini menimbulkan keraguan mengenai prospek NFT. Para analis memperkirakan bahwa situasi ini dapat berdampak besar terhadap likuiditas dan nilai NFT.

Kita mungkin menyaksikan penurunan nilai NFT sebagai reaksi langsung dari ketidakpastian yang terjadi di industri perbankan. Di tengah situasi ini, investor crypto diimbau untuk tetap waspada dan menghindari tindakan panik.

Matrixport, melalui kepala analisnya, menyarankan pentingnya berhati-hati dalam menghadapi kondisi pasar saat ini. Mereka menegaskan bahwa meskipun ada kecemasan, bukan berarti ini waktu yang tepat untuk menjual aset crypto secara besar-besaran.

Baca Juga: Biaya ETF Bitcoin yang Akan Guncang Pasar Crypto

Analisis Peluang ETF Bitcoin: Antara Harapan dan Kenyataan

Menjelang batas waktu keputusan SEC, banyak spekulasi yang muncul terkait kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin. Seorang analis dari Bloomberg Intelligence memberikan angka probabilitas tinggi, mencapai 90% untuk persetujuan di bulan Januari.

Namun, Markus Thielen dari Matrixport berpendapat lain, dengan menyatakan bahwa aplikasi ETF Bitcoin yang ada saat ini belum memenuhi beberapa kriteria penting.

Di sisi lain, ada pandangan bahwa SEC mungkin memerlukan waktu tambahan dan akan meminta Ark Invest serta 21Shares untuk mengajukan kembali aplikasi mereka. Langkah ini dapat diinterpretasikan sebagai cara untuk memberikan SEC waktu lebih tanpa harus menolak aplikasi tersebut secara eksplisit.

Baca Juga: Vitalik Buterin Bagikan Roadmap Ethereum 2024, Ini 3 Hal Penting yang Perlu Diketahui!

Prospek ETF Bitcoin di Tahun 2024

Kekalahan SEC dalam kasus dengan Grayscale Investments beberapa waktu lalu menambah desakan bagi regulator untuk memberikan persetujuan terhadap ETF Bitcoin. Kemenangan Grayscale dilihat sebagai sinyal bahwa SEC tidak dapat lagi menunda persetujuan ETF Bitcoin tanpa alasan yang jelas.

Lucas Kiely dari Yield App menyatakan optimisme bahwa SEC akan memberikan persetujuan untuk ETF Bitcoin di awal tahun, antara tanggal 8 dan 10 Januari. Ia bahkan menilai penurunan harga Bitcoin baru-baru ini sebagai peluang yang tidak boleh dilewatkan untuk berinvestasi.

Jika SEC kembali menolak ETF Bitcoin, mereka akan menolak proposal dari perusahaan-perusahaan besar seperti BlackRock, Fidelity, Invesco, dan Franklin Templeton, yang semuanya telah mengajukan proposal ETF Bitcoin.

Kesimpulan

Dengan berbagai prediksi dan ekspektasi yang beredar, komunitas crypto menunggu keputusan SEC dengan penuh harap. Tahun 2024 mungkin akan menjadi tahun di mana ETF Bitcoin akhirnya mendapat persetujuan, atau mungkin sekali lagi, harapan tersebut harus tertunda.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: