Bitcoin dan Crypto Sekarang Berjalan Seirama Dengan Pasar Keuangan Tradisional: Laporan Menyeluruh oleh Grayscale

Bitcoin dan Crypto Sekarang Berjalan Seirama Dengan Pasar Keuangan Tradisional: Laporan Menyeluruh oleh Grayscale

Selama bertahun-tahun, Bitcoin dan cryptocurrency beroperasi dalam lingkungan yang unik, tampaknya tidak terpengaruh oleh pasar keuangan tradisional.

Namun, sebuah laporan penelitian yang revolusioner oleh Grayscale, sebuah perusahaan investasi aset digital terkemuka, mengungkapkan transformasi signifikan dalam paradigma ini selama tiga tahun terakhir.

Laporan tersebut membahas tentang korelasi yang berkembang antara Bitcoin (BTC) dan tren makroekonomi, menunjukkan bagaimana pasar yang sebelumnya terisolasi kini berjalin erat dengan indikator pasar yang lebih luas.

Fajar Era Baru Untuk Bitcoin dan Crypto

Di masa lalu, Bitcoin dan crypto dipandang sebagai ekosistem yang terisolasi, menunjukkan sedikit korelasi dengan ekuitas atau mata uang.

Skenario ini mulai berubah dengan dimulainya pandemi COVID-19, yang bertindak sebagai katalis untuk dinamika yang berubah.

Penelitian Grayscale menganalisis data dari 3 tahun terakhir, mengungkapkan bahwa korelasi BTC dengan S&P 500 dan variabel pasar lainnya telah menjadi semakin positif.

Baca Juga:

Pada puncaknya pada Oktober 2022, korelasi mencapai luar biasa 65%, menunjukkan bahwa BTC dan crypto sekarang sangat dipengaruhi oleh perkembangan makroekonomi. Dalam laporannya. Greyscale mengatakan bahwa:

Crypto tidak lagi berperilaku sebagai ekosistemnya sendiri: Bitcoin dan aset digital lainnya kini lebih berkorelasi dengan indikator pasar lainnya,”

Analisis Makro dan Pengaruhnya pada Bitcoin dan Crypto

Analisis Makro dan Pengaruhnya pada Bitcoin dan Crypto
Greyscale

Dengan menggunakan berbagai metodologi analitik, mereka memperkirakan bahwa sekitar 50% dari lonjakan luar biasa 80% Bitcoin dari Desember hingga Juli 2023 dapat diatribusikan pada dinamika pasar yang lebih luas.

Sebanyak 50% sisanya mencerminkan faktor yang unik untuk ranah Bitcoin. Peneliti Grayscale mengatakan:

Baca Juga:

“Perkiraan terbaik kami adalah sekitar 50%. Dengan kata lain, kami percaya bahwa sekitar setengah dari peningkatan Bitcoin sebesar ~80% dari Desember hingga pertengahan Juli kemungkinan besar berkaitan dengan perkembangan makro, sementara setengah lainnya kemungkinan dijelaskan oleh kepositifan yang spesifik untuk Bitcoin,”

Untuk mengilustrasikan pengaruh tren makro, Grayscale menggunakan analisis beta—sebuah ukuran statistik untuk menilai bagaimana nilai BTC bereaksi terhadap perubahan dalam indikator pasar lainnya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: