Mengapa Pasar Crypto Sempat Melonjak dan Melesu di Maret 2024? Ini Dia Analisisnya!

Mengapa Pasar Crypto Sempat Melonjak dan Melesu di Maret 2024? Ini Dia Analisisnya!

Pasar crypto mengalami penurunan tajam hari ini, dengan total kapitalisasi pasar jatuh sebesar 7,68% menjadi $2,27 triliun pada tanggal 19 Maret.

Bitcoin (BTC), crypto terkemuka berdasarkan kapitalisasi pasar, memimpin penurunan dengan jatuh sekitar 7% menjadi sekitar $62.650 pada hari itu. Token asli Ethereum, Ether (ETH), crypto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, turun sekitar 8% menjadi $3.200 pada periode yang sama.

Penyebab Penurunan Pasar Crypto

Penyebab Penurunan Pasar Crypto
TradingView

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pasar crypto anjlok hari ini, di antaranya:

Baca Juga: Pantera Capital Incar $250 Juta SOL dari Aset FTX

  1. Penarikan Dana Besar-besaran dari ETF Bitcoin Spot: Penurunan kapitalisasi pasar crypto hari ini bertepatan dengan penarikan dana harian terbesar yang pernah tercatat dari Bitcoin exchange-traded funds (ETF). Grayscale Bitcoin ETF mengalami penarikan dana senilai $642,5 juta pada tanggal 18 Maret – yang terbesar. Sementara itu, Fidelity’s Bitcoin ETF mengalami hari arus masuk terendah yang pernah tercatat sebesar $5,9 juta, menurut data Farside Investors. Hal ini mengakibatkan penarikan dana bersih sebesar $154,3 juta dari ETF Bitcoin spot.
  2. Koreksi Overbought: Penurunan pasar crypto hari ini merupakan bagian dari gerakan koreksi yang lebih luas yang dimulai pada tanggal 14 Maret ketika mencapai puncak lokal di sekitar $2,72 triliun. Sinyal divergensi bearish muncul menjelang koreksi, diamati melalui peningkatan kapitalisasi pasar yang kontras dengan penurunan Relative Strength Index (RSI) harian. Divergensi bearish menunjukkan bahwa pertumbuhan harga kehilangan kekuatan yang mendasarinya.
  3. Likuidasi Long Meningkatkan Penjualan Pasar Crypto: Penurunan tajam harga mata uang crypto utama telah memicu serangkaian likuidasi di pasar derivatif, mengejutkan para pedagang bullish dan menyebabkan putaran cepat likuidasi posisi long. Dalam sehari terakhir, pasar crypto telah melihat lebih dari $182 juta dalam posisi dilikuidasi, dengan posisi long menyumbang $140 juta dari total. Likuidasi posisi derivatif long tersebut dapat menyebabkan tekanan ke bawah pada harga aset, terutama ketika ada kekurangan momentum pembelian yang memadai dari volume perdagangan.

Dampak Penurunan Pasar Crypto

Dampak Penurunan Pasar Crypto
Messari

Penurunan pasar crypto hari ini telah berdampak signifikan terhadap berbagai altcoin. Solana (SOL) turun 11%. BNB Coin (BNB) turun 6%. Cardano (ADA) turun lebih dari 5%, dan Avalanche (AVAX) turun 4%. Satu-satunya altcoin utama yang tidak merasakan dampak dramatis dari penurunan BTC hari ini adalah XRP (XRP), yang turun kurang dari 1%.

Penutup

Penurunan pasar crypto pada Maret 2024 ini merupakan kombinasi dari beberapa faktor, termasuk penarikan dana besar-besaran dari ETF Bitcoin spot, koreksi overbought, dan likuidasi long. Penurunan ini telah berdampak signifikan terhadap berbagai altcoin, dengan beberapa di antaranya mengalami penurunan hingga 11%.

Meskipun demikian, pasar crypto masih dalam tren bullish secara keseluruhan, dan penurunan ini dapat dilihat sebagai peluang untuk membeli aset crypto dengan harga yang lebih rendah.

Baca Juga: Revolusi Baru di Dunia Crypto: Ionet, Jaringan GPU yang Didukung oleh Chip Apple!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi