Analisa Harga Bitcoin Hari Ini 6 Maret 2023: Masuk Zona ‘BUY’, Tunjukkan Tren Bullish?

Analisa Harga Bitcoin Hari Ini 6 Maret 2023: Masuk Zona ‘BUY’, Tunjukkan Tren Bullish?

Menurut Cryptonews, harga Bitcoin (BTC) telah menunjukkan ketidakstabilan dalam beberapa hari terakhir. Tidak hanya BTC, beberapa crypto lainnya seperti Litecoin (LTC) dan Dogecoin (DOGE) juga mengalami sedikit penurunan harga.

Penurunan market crypto yang terjadi baru-baru ini dapat dikaitkan dengan rilis angka manufaktur AS dan kekhawatiran seputar aksesibilitas layanan perbankan untuk perusahaan crypto di AS.

Lalu, bagaimana analisa harga Bitcoin hari ini 6 Maret 2023? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Analisis Teknikal Bitcoin (BTC): Akan Terjadi Perubahan Tren Jika BTC Reli ke $25.250

Bagaimana analisis teknikal harga Bitcoin hari ini 6 Maret 2023? Dilansir dari Cointelegraph, Bitcoin (BTC) telah mengalami penurunan di bawah support $22.800 pada 3 Maret 2023.

Bitcoin sempat mengalami kenaikan sedikit pada 5 Maret 2023, namun sumbu panjang pada candle menunjukkan bahwa bearish mencoba membalikkan $22.800 menjadi resistance.

Analisis Teknikal BTC 6 Maret 2023
Sumber: Cointelegraph

Lalu, untuk moving average eksponensial 20 hari di level $23.159 telah mulai berbalik turun dan indeks kekuatan relatif (RSI) berada di bawah 44, mengindikasikan bahwa bear mencoba untuk memperkuat posisi mereka.

Jika bulls ingin mencegah penurunan, mereka harus dengan cepat mendorong harga di atas EMA 20 hari. Langkah seperti itu akan menunjukkan pembelian agresif pada level yang lebih rendah, yang mana BTC kemudian dapat naik ke $24.000 dan kemudian reli ke $25.250. Penembusan di atas resistance ini akan mengindikasikan potensi perubahan tren.

Baca Juga: Prediksi Harga Bitcoin Maret 2023: Berpotensi Bullish ke Rp458 Juta? Ini Kata Mike Novogratz!

Siklus Market Crypto Tunjukkan Siklus yang Sama Setiap 4 Tahun

Siklus Market Crypto Tunjukkan Siklus yang Sama Setiap 4 Tahun
Sumber: Akun Twitter Horn Hairs

Pada awal Januari 2023, akun Twitter yang berfokus pada crypto, @CryptoHornHairs, membagikan hasil analisanya bahwa Bitcoin hampir persis mengikuti jalur siklus pasar yang berlangsung sekitar 4 tahun dan telah diikuti dengan sempurna selama lebih dari 8 tahun.

Bitcoin Rainbow Chart Masuk Zona ‘BUY’

Bitcoin Rainbow Chart
Sumber: Cryptonews

Bitcoin Rainbow Chart atau Bagan Pelangi Bitcoin yang populer dari Blockchaincenter.net menunjukkan bahwa, pada level saat ini, Bitcoin berada di zona “BUY!”, setelah baru-baru ini pulih dari zona “Basically a Fire Sale” pada akhir tahun 2022.

Dengan kata lain, model ini menunjukkan bahwa Bitcoin secara bertahap pulih dari kondisi oversold. Selama kenaikan terakhirnya, Bitcoin mampu mencapai zona “Sell. Seriously, SELL!”.

Jika Bitcoin dapat melakukan hal ini lagi dalam waktu satu hingga satu setengah tahun setelah halving berikutnya, model ini memprediksi bahwa harga Bitcoin dapat berada di antara $200.000 dan $300.000, yang artinya sekitar 8-13 kali lipat dari harga sekarang.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: