Volatilitas Bitcoin Menurun (21/8/23), Menandakan Akhir dari Lonjakan Harga yang Besar?

Volatilitas Bitcoin Menurun (21/8/23), Menandakan Akhir dari Lonjakan Harga yang Besar?

Volatilitas Bitcoin telah mengalami penurunan signifikan, menurut Mike McGlone, ahli strategi makro senior dari Bloomberg. Dengan volatilitas yang mencapai titik terendah sepanjang masa, banyak yang bertanya-tanya apakah hari-hari lonjakan harga Bitcoin yang besar telah berakhir. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Volatilitas dan Dampaknya pada Harga Bitcoin

analisa bitcoin mike mcglone
Sumber: Akun Twitter Mike McGlone

Menurut Coingape, Bitcoin telah mengalami penurunan hingga $28.230, menandai penurunan intraday terbesar sejak 1 Agustus. Meskipun demikian, McGlone menilai potensi kenaikan harga Bitcoin yang besar mengingat volatilitas saat ini berada pada titik terendah sepanjang masa.

McGlone mencatat bahwa volatilitas 180 hari untuk Bitcoin turun menjadi sekitar 46% pada 16 Agustus, yang merupakan titik terendah yang pernah ada. Selain penurunan volatilitas, Bitcoin menunjukkan kelemahan yang berbeda dibandingkan dengan indeks saham sejak akhir Q1.

Baca Juga: Backlog Transaksi Bitcoin: Melonjak Lebih dari 400.000 dalam 2 Minggu, Apa Artinya?

Bitcoin Sebagai Emas Digital dan Risiko Relatif

Tren saat ini di Bitcoin adalah adopsinya sebagai emas digital. Namun, dengan volatilitas yang kira-kira tiga kali lipat dari emas, risiko relatif kripto atau volatilitas masih memiliki ruang untuk menurun.

McGlone mengamati bahwa Bitcoin diperdagangkan dengan risiko sekitar 10 kali dari emas pada tahun 2018, menunjukkan pematangan crypto selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Sempat Cuan, Kini Bitcoin Ordinals Mengalami Penurunan, Ada Apa?

Pasar yang Lambat dan Prospek Masa Depan

Volatilitas yang rendah di pasar sering kali menunjukkan permintaan yang relatif lemah. Namun, keyakinan investor Bitcoin tampaknya tetap tinggi, dan sangat sedikit yang bersedia melikuidasi kepemilikan mereka.

Pasokan yang dipegang oleh pemegang jangka panjang terus meningkat, mencapai ATH dari 14,6 juta BTC. Sebaliknya, pasokan pemegang jangka pendek telah menurun ke titik terendah multi-tahun sebesar 2,56 juta BTC.

Meskipun volatilitas Bitcoin menurun, ini mungkin bukan akhir dari potensi kenaikan harga. Dengan adopsi yang meningkat dan keyakinan investor yang tetap kuat, Bitcoin mungkin masih memiliki banyak hal yang ditawarkan di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: