Bitcoin Siap Mengulang Pola Bull Flag? Harga BTC Sideways di $29.300!

Bitcoin Siap Mengulang Pola Bull Flag? Harga BTC Sideways di $29.300!

Bitcoin (BTC) tampaknya semakin mengurangi volatilitasnya menjelang penutupan mingguan pada tanggal 30 Juli 2023. Para trader dengan penuh antisipasi memperhatikan sinyal bull jangka panjang yang menjanjikan.

Data yang dihimpun dari Cointelegraph Markets Pro dan TradingView menunjukkan aksi harga BTC yang datar sepanjang akhir pekan, dengan pasangan mata uang BTC/USD bergerak dalam rentang yang sangat kecil, hanya sebesar $150.

Kondisi ini berlangsung sepanjang minggu, meski ada banyak data makroekonomi yang dirilis. Beberapa analis memprediksi bahwa penurunan harga mungkin akan terjadi selanjutnya. Namun, beberapa jam menjelang penutupan mingguan, belum ada tanda-tanda volatilitas yang kembali. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Harga Bitcoin: Akhir Pekan yang Lebih Lambat dari Biasanya

analisa bitcoin daancrypto twitter
Sumber: Akun Twitter DaanCrypto

Data dari Cointelegraph Markets Pro dan TradingView menunjukkan aksi harga BTC yang datar selama akhir pekan, dengan BTC/USD bergerak dalam rentang yang sangat kecil sebesar $150.

analisa btc rekt capital
Sumber: Akun Twitter Rekt Capital

Kondisi sepanjang minggu tetap tenang meski ada banyak data makroekonomi, membuat beberapa orang berasumsi bahwa penurunan akan datang selanjutnya. Namun, beberapa jam sebelum penutupan mingguan, belum ada tanda-tanda volatilitas kembali.

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar Tether (USDT) Sentuh ATH Baru, Gimana Kabar USDC?

Stabilitas Harga Bitcoin Mengesankan

Menurut Cointelegraph, pergerakan harga belum pernah sepadat ini sejak awal 2023. Semakin lama ini berlangsung, gerakan yang lebih besar akan mengikutinya,” kata trader populer Daan Crypto Trades.

Seperti yang dilaporkan oleh Cointelegraph, Bollinger Bands Bitcoin saat ini mencerminkan kondisi di awal tahun, tepat sebelum harga BTC naik 70% di kuartal pertama.

btc/usdt order book data binance
BTC/USDT order book data di Binance. Sumber: Cointelegraph

Material Indicators, dalam analisisnya terhadap aktivitas trader di Binance untuk pasangan mata uang BTC/USD, mencatat adanya peningkatan tekanan beli dari investor besar yang disertai dengan resistensi yang semakin kuat mendekati $30.000 atau Rp452 juta (kurs $1 = Rp15.000).

“Kami berharap batas ini akan tetap hingga waktu penutupan mingguan dan bulanan mendekat,” ungkap Material Indicators pada 29 Juli 2023, dikutip dari Cointelegraph.

Baca Juga: Mendominasi Pasar Stablecoin, Kapitalisasi Pasar Tether (USDT) Mencapai Rekor Baru dengan $84 Miliar!

Bullish Cross pada Indikator MACD Bitcoin

Topik yang lebih menarik muncul dalam bentuk potensi bullish cross pada indikator konvergensi/divergensi rata-rata bergerak (MACD) Bitcoin. Pada kerangka waktu bulanan, berbagai pengamat pasar mencatat, bull flag semacam itu hampir dikonfirmasi, dan jika pola historis diulang, kenaikan harus terjadi di masa depan.

grafik btc dengan macd
Grafik beranotasi BTC/USD dengan MACD. Sumber: Stockmoney Lizards/Twitter

Sumber daya perdagangan Stockmoney Lizards juga berharap untuk implikasi positif dari cross, tetapi tetap mengakui bahwa penampilannya “tidak berarti BTC sudah keluar dari mode koreksi musim panasnya.”

Sebuah grafik yang menyertai menunjukkan cross MACD bulanan sebelumnya dari akhir 2015, yang menandakan persiapan untuk kenaikan Bitcoin, dua tahun kemudian, ke titik tertinggi sepanjang masa siklus terakhir sebesar $20.000 atau Rp300 juta (kurs $1 = Rp15.000).

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: