Resolusi 2023: Amerika Serikat Fokus Perketat Pengawasan Industri Crypto

author:

Resolusi 2023: Amerika Serikat Fokus Perketat Pengawasan Industri Crypto

Dilansir Cointelegraph per 6 Januari 2023, Komisi Sekuritas dan Pertukaran, Dewan Standar Akuntansi Keuangan, dan Layanan Pendapatan Internal Amerika Serikat bekerja sama untuk memperketat peraturan crypto dan memperluas pengawasan industri crypto di Amerika Serikat.

Respon Otoritas Amerika Serikat Terhadap Cryptocurrency

Respon Amerika Serikat Terhadap Cryptocurrency
Sumber: Freepik

14 tahun setelah blok asal Bitcoin meluncurkan kegegeran besar dalam layanan keuangan dan industri lainnya melalui bangkitnya teknologi blockchain, otoritas Amerika Serikat akhirnya menjadi lebih tertarik pada masa depan dan dampak ekonomi cryptocurrency.

Pada 14 Desember 2023, Dewan Standar Akuntansi Keuangan membahas persyaratan akuntansi dan disclosure, atau pengungkapan baru untuk entitas yang memegang aset crypto dalam laporan keuangan, mengikuti hasil konsultasi agenda dengan investor yang pertama dalam lima tahun. Aturan yang diusulkan diharapkan akan dikeluarkan pada paruh pertama tahun 2023.

Beberapa hari sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran melampirkan contoh surat mengenai perkembangan terkini di pasar crypto, meminta perusahaan untuk mempertimbangkan dalam pengungkapan (disclosure) mereka, “kebutuhan untuk menangani perkembangan pasar aset crypto dalam pengajuan mereka secara umum, termasuk dalam deskripsi bisnis mereka, faktor risiko, serta pembahasan dan analisis manajemen.” menurut laporan Cointelegraph.

Baru-baru ini, tepatnya pada 3 January 2023, Federal Reserve, Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) dan Office of the Comptroller of the Currency (OCC) merilis pernyataan mengenai aset crypto dan upaya mereka dalam mempertahankan praktik perbankan yang sehat. Lebih lanjut, lembaga-lembaga tersebut telah mengidentifikasi 8 risiko spesifik, termasuk penipuan, volatilitas, dan masalah serupa yang familiar.

Amerika Serikat Merekrut Ratusan Agen Keamanan

Amerika Merekrut Ratusan Agen Keamanan
Sumber: Freepik

Peningkatan keamanan ini akan dirasakan oleh banyak investor di industri crypto dan jasa keuangan, menurut pakar hukum Amerika Serikat. “Perubahan dan peningkatan keamanan ini harus memiliki dampak makro dan mikro yang mendalam pada pasar keuangan secara umum dan industri crypto secara khusus,” kata Mark Kornfeld, salah satu perwakilan pemegang saham sekuritas dan penipuan keuangan di firma hukum Buchanan Ingersol and Rooney.

Kornfeld mengatakan pada Cointelegraph,

“Pertama, Komisi akan melakukan pemeriksaan agresif hingga ribuan kali (atau bahkan lebih) terhadap bisnis yang ada di industri crypto. Semua yang ada di pasar harus mengantisipasi secara wajar dan sepenuhnya mengharapkan peningkatan yang cukup besar dalam proses penegakan peraturan oleh Komisi, dan otoritas yurisdiksi Komisi.”

Menurut laporan Cointelegraph, cryptocurrency juga akan menjadi fokus Internal Revenue Service (IRS), hal ini dibuktikan melalui divisi Investigasi Kriminal yang mempekerjakan ratusan agen baru untuk mengerjakan aset digital dan kejahatan dunia maya. Bersama dengan ilmuwan datanya sendiri, IRS berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan crypto, yang bertujuan untuk menciptakan “hubungan simbiosis” untuk memerangi kejahatan keuangan.

Baca juga: Cara Unik Amerika Serikat, Penggalangan Dana Pemilu Bisa Pakai NFT!

Amerika Serikat Didesak Untuk Merilis Regulasi Baru

Legislator di Amerika Serikat juga sedang berada di bawah tekanan untuk menetapkan kerangka peraturan baru untuk cryptocurrency setelah keruntuhan dramatis pertukaran crypto FTX November 2022 lalu. Amerika didesak untuk menetapkan tingkatan untuk pengawasan yang akan datang di pasar crypto pada tahun 2023.

Meski begitu, beberapa orang percaya kerangka peraturan baru untuk crypto akan positif untuk jangka panjang. “Hasil akhir dari regulasi crypto nanti harus terbukti menjadi iklim yang lebih teratur dan transparan, peningkatan stabilitas pasar, dan perlindungan investor serta konsumen yang jauh lebih baik di sektor terkait, yang hingga saat ini beroperasi di lingkungan yang dicirikan sebagai rahasia dan buram,” kata Kornfeld.


Referensi: