Amerika Serikat Mendominasi Pasar Crypto Global dengan Transaksi $1 Triliun dalam 1 Tahun!

author:

Amerika Serikat Mendominasi Pasar Crypto Global dengan Transaksi $1 Triliun dalam 1 Tahun!

Amerika Serikat (AS) kembali menunjukkan dominasinya di dunia crypto. Dengan transaksi senilai lebih dari $1 triliun dalam setahun terakhir, AS memimpin aktivitas crypto global. Apa yang mendorong AS menjadi pemain utama di panggung crypto dunia? Mari kita selami lebih dalam.

Amerika Serikat: Pusat Aktivitas Crypto Dunia

Menurut laporan dari Chainalysis, AS mencatatkan transaksi crypto senilai lebih dari $1 triliun antara Juli 2022 hingga Juni 2023. Bersama dengan Kanada, Amerika Utara menyumbang hampir seperempat dari total volume transaksi global.

transaksi crypto amerika utara
Sumber: Chainalysis

Sementara itu, pasar crypto Amerika Utara lebih didominasi oleh aktivitas institusi dibandingkan dengan wilayah lain. Lebih dari 75% transfer crypto di Amerika Utara bernilai lebih dari $1 juta.

Meskipun demikian, dominasi AS telah mengalami penurunan relatif selama setahun terakhir, terutama setelah keruntuhan Silicon Valley Bank pada Maret.

Pengaruh Regulasi dan Adopsi Crypto

regulasi crypto mixers
Sumber: Thomson Reuters

Meskipun AS telah mengalami beberapa tantangan regulasi, seperti tuntutan hukum terhadap Binance, Coinbase, dan FTX, negara ini tetap menjadi pasar crypto terbesar di dunia.

Chainalysis menilai bahwa regulasi yang komprehensif dapat membantu menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi pertumbuhan crypto di AS. Dengan keseimbangan antara perlindungan konsumen dan mendorong inovasi, AS dapat mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar crypto.

Tren Penggunaan Stablecoin dan DeFi

Meskipun aset seperti bitcoin (BTC) dan ether (ETH) tetap populer, stablecoin tetap menjadi “jenis aset kripto yang paling banyak digunakan”. Ini mungkin menjadi alasan mengapa Kongres AS sangat tertarik dalam mengatur token yang dipegang ke mata uang fiat seperti dolar AS.

Namun, adopsi DeFi di Amerika Utara telah menurun sejak Agustus 2022 dan tetap relatif datar hingga November 2022. Ketidakpastian regulasi di bidang produk DeFi mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

Pada akhirnya, dengan kombinasi dari adopsi institusi yang kuat, inovasi teknologi, dan pendekatan regulasi yang seimbang, AS terus memimpin dunia dalam aktivitas crypto. Meskipun ada tantangan di depan, prospek masa depan industri crypto di AS tetap cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: