Amerika Serikat akan Lakukan Pemungutan Suara untuk RUU Crypto, Gimana Nasib SEC?

author:

Amerika Serikat akan Lakukan Pemungutan Suara untuk RUU Crypto, Gimana Nasib SEC?

Dalam beberapa minggu ke depan, Komite Layanan Keuangan DPR Amerika Serikat akan melakukan pemungutan suara terhadap rancangan undang-undang aset digital yang komprehensif. Rancangan undang-undang ini bertujuan untuk menetapkan kerangka regulasi yang jelas untuk industri crypto, dengan memberikan aturan dan pedoman bagi peserta pasar.

Rencana Pemungutan Suara Undang-Undang Crypto

kongres as regulasi crypto

Komite Layanan Keuangan DPR Amerika Serikat berencana untuk melakukan pemungutan suara terhadap rancangan undang-undang aset digital dalam beberapa minggu ke depan. Ketua Komite Layanan Keuangan DPR Amerika Serikat dari Partai Republik, Patrick McHenry, berencana untuk melakukan pemungutan suara terhadap rancangan undang-undang ini setelah para anggota legislatif kembali dari liburan 4 Juli 2023.

Lebih lanjut, rancangan undang-undang ini bertujuan untuk memberikan kejelasan kepada industri crypto dengan memberikan yurisdiksi kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) atas area-area terpisah dalam industri crypto.

Baca juga: Geram! Industri Crypto Menentang Rencana SEC untuk Mengatur DeFi seperti Bursa Sentralisasi

Tuntutan Industri Crypto atas Kejelasan Regulasi

Generasi Milenial Amerika Miliki Bitcoin
Freepik

Perusahaan-perusahaan crypto telah menuntut kejelasan regulasi dari Kongres Amerika Serikat. Mereka merasa bahwa pendekatan regulasi yang diambil oleh Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat terlalu berfokus pada tindakan penegakan hukum.

SEC berpendapat bahwa sebagian besar aset crypto termasuk dalam kategori sekuritas, sebuah pandangan yang telah menimbulkan kebingungan dan ketidakpastian di antara bursa dan perusahaan crypto.

Kekurangan pedoman yang jelas telah mendorong industri crypto untuk meminta regulasi yang lebih definitif. Mereka berharap bahwa dengan adanya regulasi yang jelas, akan ada kepastian hukum yang dapat mendorong pertumbuhan dan inovasi di dalam industri ini. Selain itu, regulasi yang jelas juga diharapkan dapat melindungi konsumen dan investor dari risiko penipuan dan manipulasi pasar.

Namun, tantangan terbesar dalam menciptakan regulasi yang jelas adalah bagaimana menyeimbangkan kebutuhan untuk melindungi konsumen dan memfasilitasi inovasi. Terlalu banyak regulasi dapat membatasi inovasi dan pertumbuhan, sementara regulasi yang terlalu longgar dapat membuka peluang untuk penyalahgunaan dan penipuan. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan yang seimbang dan bijaksana dalam merumuskan regulasi untuk industri crypto.

Tindakan Penegakan Hukum SEC dan Dampaknya terhadap Industri Crypto

Tindakan penegakan hukum baru-baru ini oleh SEC, khususnya gugatan terhadap Binance dan Coinbase, telah menimbulkan pertanyaan di kalangan pelaku industri. Banyak yang percaya bahwa tindakan-tindakan ini tidak sepenuhnya ditujukan untuk melindungi investor, tetapi juga bertujuan untuk menetapkan yurisdiksi SEC atas industri crypto yang lebih luas.

Baca juga: Sigap Menghadapi Tuntutan SEC, Binance US Rekrut Tim Hukum Terbaik!

Dalam perkembangan terpisah, seorang hakim Pengadilan Distrik Amerika Serikat telah memerintahkan Binance.US dan SEC untuk bekerja menuju perjanjian kompromi. Hakim menekankan potensi dampak pada investor jika aset dibekukan, menandakan kebutuhan untuk resolusi yang seimbang terhadap sengketa hukum yang sedang berlangsung.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: