Amerika dan Chainalysis Bantu Ukraina untuk Melacak Cryptocurrency Rusia

author:

Amerika dan Chainalysis Bantu Ukraina untuk Melacak Cryptocurrency Rusia

Amerika Serikat melalui Lembaga Pendapatan Dalam Negeri (IRS) dan Chainalysis, sebuah platform analisis blockchain, melibatkan diri dalam pelatihan penegak hukum Ukraina.

Tujuannya dari kolaborasi ini adalah untuk melacak dan menargetkan oligarki Rusia yang mencoba menyembunyikan aset mereka melalui mata uang crypto, sebagai upaya untuk menghindari sanksi yang diberlakukan terhadap mereka (Rusia).

Kolaborasi IRS, Chainalysis, dan Ukraina

IRS dan Chainalysis memulai operasi pelatihan ini sebagai bagian dari upaya mereka untuk memperkuat penegakan hukum di Ukraina. Melalui program ini, mereka berbagi pengetahuan dan keterampilan dengan penegak hukum Ukraina tentang bagaimana menggunakan teknologi blockchain untuk melacak transaksi kripto yang mencurigakan dan potensial melanggar sanksi.

Kerjasama ini bukan hanya tentang pelatihan, tetapi juga tentang berbagi sumber daya dan alat yang bisa digunakan oleh penegak hukum Ukraina. Hal ini juga termasuk akses ke software Chainalysis yang dirancang khusus untuk memantau dan menganalisis transaksi crypto.

Baca juga: Pemerintah Ukraina Buka Kursus Crypto Gratis, Lebih dari 20.000 Orang Sudah Mendaftar!

Operasi Gabungan Ini Mengincar Oligarki Rusia

crypto rusia jadi sasaran ukraina
CNBC

Dilansir dari Decrypt, oligarki Rusia telah menjadi sasaran utama operasi ini, seiring dengan upaya mereka untuk menghindari sanksi Amerika Serikat dan internasional yang diberlakukan terhadap mereka (Rusia).

Beberapa dari pemerintahan Rusia diduga menggunakan crypto untuk menyembunyikan aset dan memindahkan uang keluar dari negara tersebut tanpa terdeteksi.

Menggunakan teknologi blockchain, penegak hukum sekarang dapat melacak transaksi ini dan mengidentifikasi pelaku yang mencoba menghindari sanksi.

Kerjasama antara IRS, Chainalysis, dan Ukraina ini merupakan upaya signifikan dalam memerangi penghindaran sanksi dan memastikan bahwa mereka yang melanggar hukum akan diadili.

Memanfaatkan Blockchain untuk Melacak Pelanggaran

chainalysis bantu ukraina
Chainalysis

Operasi ini tidak hanya penting untuk mengejar oligarki Rusia, tetapi juga memiliki implikasi yang lebih luas. Dengan melibatkan diri dalam pelatihan ini, penegak hukum Ukraina dapat memperkuat kemampuan mereka dalam melawan kejahatan crypto, yang menjadi semakin penting seiring dengan peningkatan penggunaan mata uang digital.

Selain itu, kolaborasi ini juga menunjukkan bagaimana teknologi blockchain dapat digunakan dalam penegakan hukum. Dengan memanfaatkan transparansi yang ditawarkan oleh blockchain, penegak hukum dapat melacak transaksi yang mencurigakan dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Dalam dunia di mana teknologi digital dan mata uang crypto semakin umum, kolaborasi IRS, Chainalysis, dan penegak hukum Ukraina merupakan langkah maju yang cukup penting dalam memerangi penghindaran sanksi dan kejahatan crypto lainnya.

Lebih lanjut, operasi ini menunjukkan bagaimana kerja sama internasional dan penerapan teknologi canggih dapat membantu dalam menegakkan hukum dan menjaga integritas sistem keuangan global.

Baca juga: Uni Emirat Arab Dinilai Lebih Ramah Crypto daripada Amerika Serikat, Kok Bisa?

Pelatihan ini tidak hanya akan memberdayakan penegak hukum Ukraina dengan alat dan keterampilan yang diperlukan untuk melacak dan menghentikan aktivitas ilegal, tetapi juga membuka peluang untuk kolaborasi lebih lanjut dalam memerangi kejahatan crypto di masa depan.


Referensi: