Amerika Memperketat Aturan untuk Membatasi Akses China ke Chip AI

author:

Amerika Memperketat Aturan untuk Membatasi Akses China ke Chip AI

Dalam upaya terbaru untuk membatasi akses teknologi canggih ke China, administrasi Biden sedang meningkatkan upaya untuk menutup celah yang memungkinkan perusahaan China mendapatkan chip kecerdasan buatan (AI) buatan AS melalui anak perusahaan di luar negeri. Apa yang mendorong langkah ini dan apa dampaknya bagi industri teknologi global?

Pemerintahan Biden Menutup Celah Ekspor Chip AI

china bentuk perusahaan chip
Sumber: Gfmag

Menurut laporan terbaru, administrasi Biden sedang aktif menangani masalah perusahaan China yang mendapatkan akses ke chip semikonduktor AI yang diproduksi di AS melalui rute yang tidak langsung.

Celah ini dieksploitasi ketika chip diperoleh dari area elektronik Huaqiangbei yang terkenal di Shenzhen, memicu kekhawatiran tentang ketersediaan teknologi AI canggih di China.

Aturan yang akan datang, yang diharapkan diumumkan bulan Oktober ini, akan memperluas cakupan pembatasan yang sebelumnya hanya mempengaruhi pemain besar seperti Nvidia dan AMD.

Baca juga: China Memberlakukan Aturan Ketat untuk Melatih Model AI Generatif

Tantangan dalam Layanan Cloud dan Strategi Masa Depan

Selain fokus pada celah ekspor chip AI, mengatasi akses China ke layanan cloud AS seperti Amazon Web Services (AWS) tetap menjadi tantangan yang kompleks.

Pejabat AS telah mempertimbangkan pembatasan akses perusahaan China ke layanan komputasi awan untuk melindungi teknologi. Di tengah peningkatan kontrol ekspor pada teknologi semikonduktor, AS dan China menyeimbangkan tindakan balasan.

Sebagai tanggapan atas situasi ini, China berencana mengendalikan ekspor materialnya yang sangat penting untuk produksi chip AI.

Dengan meningkatnya tekanan dan upaya untuk membatasi akses ke teknologi AI, pertarungan antara AS dan China di panggung teknologi global terus berlanjut. Hanya waktu yang akan menentukan bagaimana langkah-langkah ini akan mempengaruhi lanskap teknologi dan keamanan di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: