Americana Buka Pintu Lebar-lebar! Layanan ‘Phygital’ Vault Kini Tersedia untuk Publik!

Americana Buka Pintu Lebar-lebar! Layanan ‘Phygital’ Vault Kini Tersedia untuk Publik!

Americana, platform penyimpanan yang menggabungkan dunia fisik dan digital, kini membuka pintu lebih lebar untuk publik. Perusahaan yang diluncurkan tahun lalu sebagai proyek komunitas khusus ini telah berkembang menjadi toko serba ada yang dirancang untuk memberikan kenyamanan pasar online, keamanan vault fisik, dan otentikasi pemilik melalui blockchain. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Americana: Mengubah Cara Penyimpanan Barang Berharga

americana
Sumber: Akun Twitter Americana

Dilansir dari Decrypt, Americana, yang didukung oleh OpenSea dan 776, perusahaan modal ventura yang dipimpin oleh pendiri Reddit, Alexis Ohanian, berupaya mengubah cara penyimpanan barang berharga.

Sementara bank dan fasilitas penyimpanan seni telah menyimpan barang berharga sejak abad ke-19, barang-barang tersebut umumnya tidak dapat diakses langsung untuk pameran atau akuisisi. Americana bertujuan untuk mengubah hal tersebut.

Perusahaan ini memungkinkan aset fisik yang disimpan dengan aman untuk dipamerkan, dibagikan, dan diperdagangkan secara digital. Barang yang terdaftar dijamin oleh sertifikat digital on-chain, sehingga dapat ditransaksikan melalui rekan token mereka tanpa harus meninggalkan fasilitas fisik.

Baca Juga: Dalam Pengembangan CBDC, Bank Inggris Menekankan Pound Digital Fokus pada Privasi Pengguna

Proses Otentikasi dan Digitalisasi Barang

Proses dimulai dengan konsultasi di mana tim mengembangkan rencana intake yang dibuat khusus dalam kemitraan dengan ahli transportasi. Setelah diterima, aset diautentikasi, didigitalkan, dan didokumentasikan sebelum disimpan dengan aman di vault.

Mekanisme otentikasi bervariasi tergantung pada barang, dengan beberapa telah diautentikasi sebelumnya oleh pihak ketiga atau langsung oleh penciptanya. Ketika datang ke karya seni, Americana menggunakan indenter mikron, teknologi sidik jari digital.

Setelah verifikasi, barang-barang didigitalkan melalui mesin fotogrametri 3D raksasa dengan delapan kamera yang mengambil gambar resolusi tinggi 360 derajat.

Baca Juga: Zimbabwe Sediakan Token Digital Berbasis Emas dengan Harga Rp146 Ribu

Menggabungkan Dunia Fisik dan Digital dengan Blockchain

alexis yuga brooch
Pendukung Americana, Alexis Ohanian, menyumbangkan sebuah bros yang dibuat oleh Gucci dan menggambarkan “Blue”, sebuah karakter dari Otherside karya Yuga Labs. Sumber: Americana

Akhirnya, judul digital barang dicetak sebagai token non-fungible (NFT) yang diamankan di blockchain Ethereum. Selain berfungsi sebagai sertifikasi keaslian, judul juga mencakup polis asuransi. Ketika datang ke seniman yang menyimpan langsung, royalti pencipta pasar sekunder juga ditulis ke dalam smart contract.

Americana saat ini menyimpan karya seni dari pencipta seperti Dustin Yellan dan Tom Sachs bersama jam tangan Rolex dan perhiasan – termasuk kolaborasi Gucci dan Yuga Labs pada manset yang dikenakan oleh investor utama Ohanian di MET Gala tahun ini. Perusahaan ini juga menyimpan kartu Pokemon langka yang belum dibuka dan bahkan sepeda motor Moto Guzzi.

Dengan membuka layanan ‘phygital’ vault untuk publik, Americana menunjukkan komitmen mereka untuk mengubah cara penyimpanan barang berharga. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, langkah ini menunjukkan kemajuan penting dalam upaya Americana untuk menggabungkan dunia fisik dan digital dengan bantuan teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: