Rahasia Amazon dalam Mempercepat Pengiriman, Kekuatan AI yang Ubah Lanskap Logistik!

Rahasia Amazon dalam Mempercepat Pengiriman, Kekuatan AI yang Ubah Lanskap Logistik!

Amazon, raksasa e-commerce global, kini sedang memprioritaskan penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk mempercepat kecepatan pengiriman dengan mengurangi jarak antara produk dan konsumen.

Strategi inovatif ini dirancang untuk mempersingkat proses distribusi dan mengoptimalkan penempatan inventaris, sehingga produk dapat sampai ke tangan konsumen lebih cepat dari sebelumnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penggunaan AI dalam Berbagai Aspek Operasional Amazon

Stefano Perego, Wakil Presiden Layanan Pelanggan dan Operasional Global Amazon untuk Amerika Utara dan Eropa, mengungkapkan peran penting AI dalam operasional Amazon. AI digunakan dalam berbagai aspek, mulai dari transportasi hingga pemetaan dan perencanaan rute.

Selain itu, AI juga digunakan untuk membantu pelanggan menemukan produk yang mereka inginkan saat mencari di Amazon. Penggunaan AI ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pelanggan.

Saat ini, Amazon memprioritaskan AI untuk mengoptimalkan penempatan inventarisnya.

“Bayangkan betapa rumitnya masalah dalam memutuskan di mana menempatkan unit inventaris tersebut. Dan untuk menempatkannya sedemikian rupa sehingga kami dapat mengurangi jarak untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dan meningkatkan kecepatan pengiriman,” ujar Perego, dikutip dari Cointelegraph, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga: Ikut Gabung Web3, Amazon Siapkan Game Blockchain Berhadiah NFT Tahun Ini

Meningkatkan Kecepatan Pengiriman melalui Inisiatif “Regionalisasi”

amazon gunakan regionalisasi
Sumber: CNBC

Amazon telah memprioritaskan inisiatif “regionalisasi” mereka, yang bertujuan untuk mengirimkan produk kepada pelanggan dari gudang terdekat, bukan dari lokasi yang jauh.

Namun, untuk mencapai tujuan ini dibutuhkan teknologi canggih untuk menganalisis data dan pola demi mengantisipasi permintaan produk dan menentukan penempatan inventaris yang optimal.

Dengan menempatkan produk lebih dekat dengan pelanggan, Amazon dapat memfasilitasi pengiriman pada hari yang sama atau hari berikutnya, mirip dengan layanan langganan Prime mereka.

Baca Juga: Amazon NFT Marketplace akan Diluncurkan Mei 2023, Rumor atau Fakta?

Amazon dan AI: Duet Maut untuk Masa Depan Logistik

Pada tanggal 13 April, Amazon mengumumkan peluncuran Bedrock, model kecerdasan buatan yang akan memungkinkan pengguna Amazon Web Services untuk membangun AI generatif dari model dasar.

Keberhasilan ini menunjukkan komitmen Amazon dalam memanfaatkan AI untuk meningkatkan operasional dan layanan mereka, dan menunjukkan potensi besar AI dalam revolusi logistik dan e-commerce.

Meskipun AI sudah menjadi bagian penting dari operasional Amazon, perusahaan ini terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi ini untuk memperluas penggunaan AI dan membawa manfaat lebih besar lagi bagi pelanggan.

Referensi: