Mengungkap Rahasia Altseason Index: Kapan Waktunya Beli Altcoin?

author:

Mengungkap Rahasia Altseason Index: Kapan Waktunya Beli Altcoin?

Altseason index atau Indeks Musim Altcoin adalah alat yang penting bagi para trader crypto untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli altcoin. Alat ini membandingkan kinerja Bitcoin dengan 50 altcoin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar selama 90 hari, memberikan pandangan jangka panjang pasar.

Simak lebih lanjut, yuk!

Apa itu Altseason Index?

Altseason index mengukur bagaimana Bitcoin berkinerja dibandingkan dengan 50 altcoin teratas selama 90 hari. Jendela waktu 90 hari ini mengurangi fluktuasi jangka pendek dan memberikan pandangan pasar jangka panjang.

Baca juga: Heboh! Bitcoin Anjlok, Saatnya Altseason Bersinar?

Kinerja 50 altcoin teratas ini tidak termasuk stablecoin dan token yang didukung aset seperti Bitcoin yang dibungkus (wrapped BTC).

Trader menggunakan indeks ini untuk memprediksi kapan musim altcoin dimulai. Memantau kinerja dan kapitalisasi pasar setiap altcoin bisa menjadi tantangan bagi trader, sehingga indeks ini sangat dibutuhkan.

Bitcoin adalah crypto terbesar di dunia, dan memantau bagaimana kinerjanya dibandingkan dengan altcoin dapat membantu trader mengetahui kapan harus membeli altcoin.

Bagaimana Cara Kerja Altseason Index?

altseason index
Sumber: Blockchain Center

Indeks menyatakan bahwa musim altcoin telah dimulai ketika 75% dari 50 altcoin teratas mengungguli Bitcoin. Ini biasanya terjadi selama pasar bullish. Grafik di bawah ini menunjukkan kinerja altcoin selama 90 hari dari 19 April 2023 hingga 18 Juli 2023.

Grafik menunjukkan bahwa antara 19 April hingga 18 Juli, Bitcoin adalah crypto dengan kinerja terbaik ke-11 di antara 50 teratas, dengan peningkatan pengembalian sebesar 0,2%.

Altcoin dengan kinerja terbaik adalah BCH, dengan peningkatan pengembalian sebesar 81,5%. Altcoin dengan kinerja terburuk adalah APE, dengan penurunan pengembalian sebesar 53,3%.

Baca juga: Crypto Winter: Pengertian, Dampak, dan Regulasinya!

Faktor Pemicu Altseason Index

Trader mungkin tidak selalu bisa mengidentifikasi kapan musim altcoin dimulai karena bisa tidak terduga. Namun, beberapa faktor dapat memicu bagaimana indeks tiba pada perhitungannya. Dua pemicu penting adalah sentimen pasar dan kemajuan teknologi.

Sentimen pasar mencerminkan sikap investor di pasar, baik secara positif maupun negatif. Ketika sentimen pasar bullish, investor sering memiliki selera risiko yang tinggi dan mencari keuntungan lebih dengan membeli altcoin.

Sebagian besar altcoin ini memiliki kapitalisasi pasar yang rendah, dan ketika jumlah uang yang besar diinvestasikan ke dalamnya, harganya melonjak, menghasilkan peningkatan persentase yang signifikan.

Kemajuan teknologi juga memainkan peran penting. Ketika altcoin meningkatkan teknologinya dengan memperkenalkan inovasi dalam bentuk proyek dan fitur baru, serta peningkatan blockchain, ini menarik investor.

Jika investor optimis tentang kemajuan teknologi altcoin tertentu, harganya bisa naik secara sporadis, terutama jika lebih banyak trader juga ingin mendapatkan keuntungan.

Secara keseluruhan, altseason index adalah alat yang berharga bagi investor untuk mengetahui altcoin mana yang harus diinvestasikan. Meskipun menggunakan indeks sebagai satu-satunya dasar untuk membuat keputusan investasi tidak disarankan, indeks ini memberikan informasi yang berharga.

Jika trader dapat menafsirkan data dari altseason index, ada potensi untuk mendapatkan keuntungan. Namun, karena sifat pasar yang fluktuatif dan tidak dapat diprediksi selama periode ini, trader disarankan untuk menggunakan strategi manajemen risiko seperti menetapkan stop loss dan menggunakan leverage yang sesuai.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: