Bitcoin Dominance dalam Pasar Crypto: Pengaruh dan Prediksi Masa Depan

Bitcoin Dominance dalam Pasar Crypto: Pengaruh dan Prediksi Masa Depan

Jakarta, Pintu News – Bitcoin Dominance atau Dominasi Bitcoin adalah indikator penting yang menggambarkan bagian pasar Bitcoin dibandingkan dengan altcoin. Saat ini, tren ini menunjukkan beberapa dinamika menarik yang bisa memberikan wawasan bagi para investor dan penggemar crypto tentang arah masa depan pasar ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Bitcoin Dominance?

bitcoin dominance chart
Contoh Bitcoin Dominance. Sumber: Binance

Dominasi Bitcoin menunjukkan persentase kapitalisasi pasar total crypto yang dipegang oleh Bitcoin. Saat dominasi ini tinggi, Bitcoin cenderung mendominasi pasar dan memberikan sinyal bahwa investor lebih memilih Bitcoin daripada altcoin.

Jika dominasi Bitcoin berhasil melewati resistensi ini, bisa terjadi penurunan besar-besaran pada pasar altcoin. Hal ini mengindikasikan bahwa Bitcoin akan terus mendominasi dan mempengaruhi pasangan harga dengan altcoin. Sebaliknya, jika dominasi Bitcoin ditolak di tingkat resistensi ini, kita bisa menyaksikan musim altcoin dimana altcoin bisa mengalami kenaikan harga secara signifikan.

Baca Juga: 7 Memecoin Teratas Berpotensi Meroket 10-50x Lipat di Tahun 2024

Bagaimana Cara Membaca dan Menggunakan Grafik Dominasi Bitcoin?

Grafik dominasi Bitcoin dapat digunakan untuk memprediksi tren pasar. Misalnya, jika grafik menunjukkan penurunan dominasi, ini bisa menjadi indikasi bahwa musim altcoin akan tiba, dimana altcoin akan melonjak nilainya. Sebaliknya, jika dominasi Bitcoin meningkat, ini bisa menjadi tanda bahwa Bitcoin mungkin akan mengalami kenaikan harga yang besar.

Untuk investor yang tertarik dengan altcoin, momen penolakan dominasi Bitcoin bisa menjadi waktu yang tepat untuk berinvestasi. Altcoin seperti Ethereum, Binance Coin, Cardano, Polkadot, dan Solana adalah beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan. Namun, penting untuk melakukan riset dan analisis mendalam sebelum membuat keputusan investasi.

Baca Juga: Bitcoin Halving 2024 Telah Usai, Apa yang Terjadi Selanjutnya?

Prediksi dan Strategi Investasi

Melihat dominasi Bitcoin bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan investasi yang lebih tepat. Misalnya, jika kamu memantau bahwa dominasi Bitcoin menurun sementara harga altcoin mulai naik, ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk beralih dari Bitcoin ke altcoin. Namun, perlu diingat bahwa pasar crypto sangat fluktuatif dan memerlukan analisis yang cermat dan responsif terhadap perubahan.

Pengetahuan tentang dominasi Bitcoin dan pengaruhnya terhadap pasar bisa menjadi alat yang sangat berharga dalam strategi investasi crypto. Dengan mengikuti tren ini, kamu bisa lebih siap dalam menghadapi perubahan pasar dan memanfaatkan peluang yang muncul dengan lebih baik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: