5 Altcoin DePin Ini Mendominasi di April 2024, Mana Favoritmu?

author:

5 Altcoin DePin Ini Mendominasi di April 2024, Mana Favoritmu?

Di tengah-tengah gelombang inovasi crypto, jaringan infrastruktur fisik terdesentralisasi atau DePin, menonjol sebagai katalisator utama untuk pembangunan infrastruktur nyata menggunakan teknologi blockchain.

Konsep ini merangkum pembangunan infrastruktur dunia nyata yang luas, mulai dari jaringan nirkabel hingga penyimpanan dan transportasi, dengan insentif yang ditokenisasi. Hingga April 2024, total kapitalisasi pasar dari sektor DePin telah mencapai $31 miliar dengan volume perdagangan harian capai lebih dari $1 miliar.

Berikut 5 altcoin DePin dengan kapitalisasi pasar terbesar per April 2024.

Filecoin (Market Cap: $4,8 Miliar)

Filecoin muncul sebagai pemain dominan dalam ekosistem DePin dengan mendefinisikan ulang lanskap penyimpanan data. Dengan memanfaatkan kapasitas penyimpanan yang tidak terpakai di seluruh dunia, Filecoin menciptakan pasar penyimpanan yang efisien, memungkinkan pengguna untuk menyimpan data dengan biaya rendah.

Berbeda dengan solusi penyimpanan awan terpusat, Filecoin memastikan penyimpanan file secara permanen dan tersebar, menawarkan solusi yang lebih tangguh dan terdesentralisasi.

Baca juga: DePIN: Sang Kuda Hitam dalam Perlombaan Bull Run Crypto Berikutnya!

Render (Market Cap: $3,9 Miliar)

market-cap-render-crypto

(coincodex.com)

Render Network mendefinisikan ulang industri kreatif digital dengan menyediakan solusi rendering berbasis GPU yang terdesentralisasi. Menghubungkan operator node yang ingin memonetisasi kekuatan komputasi GPU mereka dengan artis yang membutuhkan kemampuan rendering 3D skala besar, Render Network mewujudkan efisiensi ekonomi dan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

The Graph (Market Cap: $3,2 Miliar)

market-cap-the-graph

(shrimpy.io)

The Graph berfungsi sebagai protokol pengindeksan yang memfasilitasi organisasi dan aksesibilitas data blockchain melalui API global. Sistem ini memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi yang berjalan sepenuhnya pada infrastruktur publik, dengan memanfaatkan data yang terorganisir dan mudah diakses.

Baca juga: Peaq Raih Pendanaan $15 Juta untuk Kembangkan Jaringan DePIN

Theta Network (Market Cap: $2,8 Miliar)

update-theta-network-market-cap

(securities.io)

Theta Network menginovasi industri streaming video dengan jaringan streaming video yang terdesentralisasi, memungkinkan pengguna untuk menonton konten video dan diberi insentif melalui token saat berbagi bandwidth dan sumber daya komputasi.

Dengan pendekatan yang unik dan desentralisasi, Theta menawarkan solusi untuk masalah kualitas dan efisiensi yang dihadapi oleh platform streaming tradisional.

Arweave (Market Cap: $2,2 Miliar)

market-cap-depin-arweave

(medium.com/amber-group)

Arweave memperkenalkan konsep penyimpanan data permanen dengan menghadirkan jaringan penyimpanan terdesentralisasi yang memungkinkan penyimpanan data jangka panjang dengan sekali bayar. Melalui pendekatan inovatif ini, Arweave memastikan bahwa data dapat disimpan secara permanen, mengatasi keterbatasan penyimpanan tradisional dan awan.

Sektor DePin telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan inovasi yang terus berkembang di berbagai bidang infrastruktur. Lima altcoin ini menunjukkan bagaimana desentralisasi dapat membawa solusi yang efisien dan tangguh untuk kebutuhan infrastruktur fisik, menjanjikan era baru dalam pembangunan dan operasi infrastruktur yang lebih terbuka dan inklusif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer: Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: