Altcoin Dipediksi Bakal Ambruk? Investor Bitcoin Diminta Analis Siap-Siap!

Altcoin Dipediksi Bakal Ambruk? Investor Bitcoin Diminta Analis Siap-Siap!

Jakarta, Pintu News – Analis crypto terkemuka, Benjamin Cowen, memberikan peringatan keras bahwa pasar altcoin akan segera runtuh terhadap Bitcoin (BTC). Dalam sebuah video terbarunya, Cowen menjelaskan bahwa grafik TOTAL3, yang melacak kapitalisasi pasar semua altcoin kecuali Ethereum (ETH) dan stablecoin, menunjukkan tren bearish terhadap Bitcoin.

Analis: Altcoin Akan Alami Keruntuhan

Menurut Cowen, melemahnya altcoin terhadap Bitcoin mengindikasikan bahwa altcoin dapat mengalami keruntuhan dalam beberapa minggu mendatang. Ia menjelaskan bahwa sebagian besar altcoin masih mencetak titik terendah baru terhadap pasangan Bitcoin mereka. Untuk menemukan altcoin yang tidak mengalami hal ini, kita harus memilih altcoin di 20 teratas yang tidak mencetak titik terendah baru atau sedang menuju ke sana.

Baca Juga: JPMorgan Chase & Bank of America Rugi $4.500.000.000 Akibat ‘Utang Tak Tertagih’

Atau, kita harus menemukan altcoin berkapitalisasi mikro yang baru-baru ini dibuat dan menunjukkan bahwa altcoin tersebut tidak mencetak titik terendah baru. Namun, banyak altcoin yang mencetak titik terendah baru. Hal ini dapat dilihat dengan melihat TOTAL3 dikurangi USDT dibagi Bitcoin.

Cowen berpendapat bahwa apa yang kita saksikan saat ini adalah pompa keluar terakhir pasangan altcoin/Bitcoin sebelum kita melihat kapitulasi akhir pasangan altcoin/Bitcoin saat memasuki bulan Mei dan Juni.

Pola Tahun 2019 Mungkin Terulang

Cowen juga melihat pola TOTAL3/Bitcoin yang terjadi pada tahun 2019 mungkin terulang kembali dalam siklus saat ini. Ia menjelaskan bahwa ini adalah pola yang sangat mirip dengan yang kita lihat pada siklus terakhir. Setelah menetapkan titik terendah di bulan Mei 2019, terjadi satu pantulan terakhir di bulan Juni 2019 yang akhirnya memudar tepat di bawah pita dukungan pasar bullish dan kemudian bergulir ke musim panas.

Sering kali, pasangan altcoin/Bitcoin mengalami kapitulasi di musim panas karena banyak orang tidak terlalu terpaku pada komputer mereka seperti pada musim gugur, musim semi, dan musim dingin. Selama musim panas, orang-orang lebih fokus pada hal-hal lain, sehingga permintaan kolektif untuk pasar altcoin sering kali mengering.

Cowen berpendapat bahwa itulah yang sedang kita lihat saat ini. Pasangan altcoin/Bitcoin mendapatkan pantulan terakhir, tetapi ia memperkirakan mereka pada akhirnya akan gagal di sini dan kembali ke posisi terendah kisaran. Namun, kali ini ketika mereka menembus, ia tidak berpikir akan ada belas kasihan dalam reli lainnya. Ia memperkirakan hal itu hanya akan membawa kita ke kapitulasi akhir, kembali ke 25% dari kapitalisasi pasar Bitcoin.

Altcoin Ambruk, Bitcoin Turun ke $63.000

Sementara itu, harga Bitcoin (BTC) juga mengalami penurunan tajam dalam beberapa hari terakhir. Setelah sempat menyentuh level tertinggi baru di sekitar $67.000, BTC mulai kehilangan nilainya dengan cepat dan jatuh ke level terendah multi-hari di $62.400. Meskipun berhasil pulih sedikit, BTC masih berjuang untuk merebut kembali level $63.000.

Penurunan harga Bitcoin ini diikuti oleh sebagian besar altcoin. Solana (SOL), Dogecoin (DOGE), Cardano (ADA), Hedera (HBAR), dan Render Token (RNDR) termasuk di antara altcoin dengan kinerja terburuk dalam 24 jam terakhir. Kapitalisasi pasar crypto total turun sebesar $150 miliar dalam dua hari.

Penutup

Analis crypto terkemuka, Benjamin Cowen, memperingatkan bahwa pasar altcoin akan segera runtuh terhadap Bitcoin (BTC). Ia melihat pola TOTAL3/Bitcoin yang terjadi pada tahun 2019 mungkin terulang kembali dalam siklus saat ini. Sementara itu, harga Bitcoin (BTC) juga mengalami penurunan tajam dalam beberapa hari terakhir dan jatuh ke level terendah multi-hari di $62.400.

Penurunan harga Bitcoin ini diikuti oleh sebagian besar altcoin, dengan Solana (SOL), Dogecoin (DOGE), Cardano (ADA), Hedera (HBAR), dan Render Token (RNDR) termasuk di antara altcoin dengan kinerja terburuk dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga: Hari Q Semakin Dekat: Bisakah Ethereum Selamat dari Krisis Kuantum?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi