Avalanche Foundation Kucurkan Dana $50 Juta untuk Tokenisasi Aset!

Avalanche Foundation Kucurkan Dana $50 Juta untuk Tokenisasi Aset!

Avalanche Foundation, perusahaan di balik blockchain Avalanche, baru-baru ini mengumumkan alokasi dana sebesar $50 juta untuk membeli aset yang telah ditokenisasi. Inisiatif ini, yang dikenal sebagai “Avalanche Vista”, bertujuan untuk mendorong tokenisasi di berbagai sektor seperti ekuitas, kredit, real estat, dan komoditas di blockchain Avalanche. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Tokenisasi dan Bagaimana Cara Kerjanya?

avalanche kucurkan dana 50 juta dolar
Sumber: Akun Twitter Avax

Dilansir dari Cointelegrpah, Tokenisasi adalah proses mengubah aset dunia nyata menjadi representasi digital di blockchain. “Ini menciptakan cara yang lebih cepat dan efisien bagi perusahaan untuk menerbitkan aset, individu untuk memiliki mereka, dan semua orang untuk mentransfer nilai,” kata John Wu, presiden Ava Labs, perusahaan yang menciptakan Avalanche.

Tokenisasi tidak hanya memfasilitasi transaksi aset digital seperti pembelian dan penjualan properti, tetapi juga memfasilitasi demokratisasi alokasi aset. Dengan membeli dan menjual token digital, banyak investor dapat mengumpulkan dana untuk membeli satu aset tunggal. Ini membuatnya mungkin bagi investor kecil untuk memasuki pasar yang mungkin sebaliknya terlalu mahal.

Baca Juga: Perluas Ekspansinya, Circle Meluncurkan Stablecoin Berbasis Euro (EUROC) di Avalanche

Mengapa Tokenisasi Penting?

Tokenisasi aset di blockchain dianggap sebagai salah satu inovasi paling berdampak dalam dekade mendatang. Larry Fink, CEO Blackrock, pernah mengatakan bahwa “generasi berikutnya untuk pasar, generasi berikutnya untuk sekuritas, akan menjadi tokenisasi sekuritas.”

Blackrock memiliki $8,5 triliun dalam aset di bawah manajemen pada tahun 2022, dan meskipun semua itu tidak akan ditokenisasi, mengalokasikan bahkan hanya 0,1% dari jumlah itu untuk tokenisasi akan mencapai total $850 juta.

Selain itu, Tyrone Lobban, kepala blockchain di JPMorgan’s Onyx, juga berbagi rencana bank untuk menerapkan DeFi tingkat institusional, mengatakan dia percaya ada nilai signifikan untuk tokenisasi aset yang menunggu di pinggir lapangan.

Baca Juga: Pilih Avalanche, Tim Esports TSM Bakal Kembangkan Web3 Gaming!

Bagaimana Avalanche Foundation Mendukung Tokenisasi?

tokenisasi avalanche
Sumber: Blockworks

Avalanche Foundation berkomitmen untuk mempromosikan tokenisasi di Avalanche dengan program $50 juta ini. Dana ini akan digunakan untuk membeli aset yang telah ditokenisasi, atau “aset dunia nyata” yang dicetak di Avalanche.

Selain itu, Avalanche Foundation juga melihat potensi untuk tokenisasi aset non-keuangan tumbuh, mencatat bahwa poin hadiah loyalitas di blockchain menjadi populer. Pada bulan April, Ava Labs bermitra dengan platform manajemen data dan pemasaran Korea SK Planet untuk membantu memperluas hadiah pelanggan dan pedagang, di antara hal lain, di blockchain Avalanche.

Avalanche Foundation berharap bahwa inisiatif ini akan membantu mempercepat pertumbuhan keuangan on-chain dan menunjukkan peran penting blockchain dalam berbagai kasus penggunaan seperti penerbitan aset, penyelesaian, dan transfer.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: