Almirall dan Absci Berkolaborasi dalam Penemuan Obat Baru dengan AI, Awal dari Revolusi Medis?

Almirall dan Absci Berkolaborasi dalam Penemuan Obat Baru dengan AI, Awal dari Revolusi Medis?

Dalam upaya untuk mengembangkan obat-obatan baru untuk penyakit kulit parah, perusahaan farmasi global Almirall dan Absci Corporation, perusahaan yang berfokus pada penciptaan obat dengan AI, telah mengumumkan kemitraan mereka. Kemitraan ini bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan AI dalam menciptakan pengobatan baru dengan cepat.

AI dalam Penemuan Obat: Kolaborasi Almirall dan Absci

ai dalam penemuan obat
Sumber: BusinessWire

Kemitraan ini merupakan langkah pertama Almirall dalam pengembangan obat dengan AI, tak lama setelah Absci mengumumkan kemampuannya untuk menciptakan antibodi terapeutik menggunakan ‘zero-shot’ generative AI. Teknologi ini memungkinkan sistem AI untuk melakukan tugas tanpa contoh atau data pelatihan sebelumnya.

Dalam kerjasama ini, Absci berpotensi mendapatkan royalti produk dan juga potensi pendapatan hingga sekitar $650 juta. Jumlah ini mencakup biaya di muka, pendanaan penelitian dan pengembangan (R&D), dan pembayaran milestone pasca-persetujuan di kedua program – tergantung pada penyelesaian milestone yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga: Terobosan Baru! Arab Saudi Luncurkan Pusat Penelitian dan Etika AI Internasional!

Generative AI dalam Penemuan Obat Mendapatkan Tren Positif

Generative AI telah menjadi topik hangat dalam dunia penemuan teknologi tinggi. Insilico Medicine, perusahaan yang berdedikasi untuk menemukan pengobatan baru untuk penyakit serius, telah menggunakan teknologi ini untuk waktu yang cukup lama.

Perusahaan ini telah berhasil memanfaatkan generative AI dalam proses penemuan obatnya, bukan hanya menemukan obat secara kebetulan. Teknologi ini mempercepat identifikasi dan optimalisasi pengobatan baru, memecahkan hambatan tradisional dalam penelitian farmasi.

Baca Juga: Terkuak! Penutupan Mogok Kerja Aktor Hollywood, Teknologi AI Bakal Ambil Alih?

Visi Masa Depan: AI dalam Penemuan Obat

Peran AI dalam penemuan obat tidak hanya terbatas pada penyakit tertentu, tetapi juga menjanjikan masa depan di mana penemuan obat berbasis AI dapat mengubah lanskap perawatan kesehatan global dengan kecepatan dan presisi yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan kemampuan untuk memprediksi hasil klinis dan mengatasi berbagai tantangan medis, generative AI menandai langkah maju yang transformatif.

Kemitraan antara Almirall dan Absci ini menunjukkan bagaimana teknologi AI dapat digunakan untuk mempercepat penemuan dan pengembangan obat baru. Dengan potensi untuk mengubah cara kita menangani penyakit kulit parah dan berbagai kondisi medis lainnya, ini bisa menjadi awal dari revolusi dalam penemuan obat dan perawatan kesehatan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi