Krisis Kepercayaan Crypto? Aliran Dana Keluar (Outflow) Aset Digital Capai Puncaknya!

Krisis Kepercayaan Crypto? Aliran Dana Keluar (Outflow) Aset Digital Capai Puncaknya!

Dalam empat minggu terakhir, pasar crypto telah mengalami aliran keluar dana yang signifikan, menunjukkan adanya kekhawatiran di kalangan investor. Dengan total aliran keluar mencapai $294 juta, banyak yang bertanya-tanya apa yang mendorong tren ini dan bagaimana hal ini akan mempengaruhi masa depan aset digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Terkena Dampak Terbesar

crypto flows
Sumber: CoinShares

Bitcoin, sebagai cryptocurrency terkemuka, mengalami aliran keluar sebesar $69 juta dalam satu minggu. Namun, yang menarik adalah bahwa produk investasi short-bitcoin melihat aliran masuk terbesar sejak Maret 2023, mencapai $15 juta.

Analisis menunjukkan bahwa aliran masuk pada Maret juga terjadi pada saat ketidakpastian regulasi meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa kekhawatiran tentang regulasi mungkin menjadi salah satu pendorong utama aliran keluar dana dari Bitcoin.

Selain Bitcoin, Ethereum juga terkena dampak dengan aliran keluar sebesar $4,8 juta. Sementara itu, XRP melihat aliran masuk sebesar $0,7 juta, menunjukkan bahwa tidak semua aset digital mengalami tren yang sama.

Baca Juga: Bitcoin Menuju Puncak Baru di 2024? Analisis Prediksi Harga BTC yang Menggemparkan!

Kekhawatiran Regulasi dan Kekuatan Dolar

Salah satu alasan utama di balik aliran keluar dana adalah kekhawatiran berkelanjutan tentang regulasi aset digital dan penguatan dolar baru-baru ini. Ketidakpastian regulasi telah menjadi isu utama bagi investor, yang mungkin memilih untuk menjauh dari pasar crypto sampai ada kejelasan lebih lanjut.

Selain itu, volume perdagangan juga turun drastis, menurun sebesar 73% dibandingkan dengan minggu sebelumnya, mencapai hanya US$754 juta selama seminggu.

Negara-negara seperti Jerman, Kanada, dan Amerika Serikat memimpin aliran keluar, dengan total masing-masing sebesar $20 juta, $17,6 juta, dan $12,3 juta.

Baca Juga: Rekor Terbesar, Aliran Dana Mingguan Investasi Crypto Mencapai Rp2,9 Triliun Sejak Juli 2022!

Outlook Masa Depan: Apa Selanjutnya?

Dengan aliran keluar yang berkelanjutan, banyak yang bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya di pasar crypto. Apakah ini merupakan tanda-tanda awal dari penurunan lebih lanjut atau hanya koreksi sementara?

Meskipun ada kekhawatiran, beberapa analis percaya bahwa ini mungkin hanya merupakan fase sementara dan bahwa pasar akan pulih seiring waktu.

Yang jelas, dengan dinamika pasar yang berubah-ubah, penting bagi investor untuk tetap waspada dan mendidik diri mereka sendiri tentang perkembangan terbaru di industri crypto.

Meskipun pasar crypto saat ini menghadapi tantangan, potensi jangka panjang aset digital tetap kuat. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pasar dan dengan pendekatan yang hati-hati, investor dapat memanfaatkan peluang yang ada di tengah ketidakpastian.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembac

Referensi: