Aliran Dana Terbesar dalam 15 Bulan ke Arah Crypto, Bitcoin dan Solana Memimpin Rally!

Aliran Dana Terbesar dalam 15 Bulan ke Arah Crypto, Bitcoin dan Solana Memimpin Rally!

Pekan lalu, dunia crypto mencatatkan aliran dana terbesar dalam lebih dari setahun. Menurut laporan dari CoinShares, produk bursa crypto atau crypto exchange-traded products (ETPs) mencatatkan aliran dana sebesar $326 juta selama pekan yang berakhir pada 27 Oktober. Angka ini melampaui $66 juta yang dicatatkan pada pekan sebelumnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Aliran Dana ke Crypto Meningkat Pesat

aliran dana ke crypto
Sumber: Akun X Coinshares

Crypto ETPs adalah dana investasi yang saham atau catatannya dirancang untuk melacak harga aset tertentu. Dalam hal ETPs crypto, mereka biasanya melacak harga crypto dengan kapitalisasi pasar besar seperti Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH).

Beberapa investor lebih memilih untuk mendapatkan eksposur terhadap harga crypto melalui dana daripada memiliki aset ini sendiri, karena saham dari dana ini dapat dipegang dalam akun broker tradisional. Aliran dana atau “inflow” terjadi ketika harga dana naik lebih cepat daripada aset yang mendasarinya, yang menyebabkan dana tersebut membeli aset.

Hal ini umumnya dilihat sebagai bullish untuk aset yang mendasarinya. Sebaliknya, “outflow” terjadi ketika dana harus menjual aset karena harga catatan atau saham mereka menurun relatif terhadap target mereka, yang biasanya dilihat sebagai bearish.

Baca Juga: Laporan Terbaru, Inflow Produk Investasi Aset Digital Minggu Lalu Sentuh Rp2 Triliun!

Bitcoin dan Solana Memimpin Rally

coinshares inflow
Aliran dana crypto mingguan pada tahun 2023 per 27 Oktober 2023. Sumber: CoinShares

Menurut CoinShares, aliran dana mingguan untuk pekan yang berakhir pada 27 Oktober adalah $326 juta. Ini adalah yang tertinggi sejak Juli 2022, 15 bulan yang lalu. Ini juga merupakan pekan kelima berturut-turut dari aliran dana ETP.

Aliran dana terbesar pekan lalu masuk ke Bitcoin ETPs, yang mewakili 90% dari total. Solana’s SOL (SOL) juga mendapat manfaat dari semangat optimis yang merasuki pasar, karena melihat aliran dana sebesar $24 juta. Namun, dana Ethereum bergerak ke arah yang berlawanan, mengalami outflow senilai $6 juta.

Meski aliran dana meningkat tajam, pekan ini hanya mewakili peningkatan terbesar ke-21 yang pernah dicatat, kata CoinShares. Meski begitu, ini menunjukkan bahwa optimisme investor terhadap crypto semakin meningkat, terutama dengan harapan bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS akan menyetujui ETF Bitcoin berbasis spot di AS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: