Aliran Dana Masuk Crypto Capai $1,76 Miliar, Bitcoin dan Ethereum Rajai Pasar!

author:

Aliran Dana Masuk Crypto Capai $1,76 Miliar, Bitcoin dan Ethereum Rajai Pasar!

Dalam gelombang optimisme yang melanda pasar crypto, investor menunjukkan kepercayaan tinggi dengan membanjiri dana ke dalam produk investasi digital. Dalam 10 minggu terakhir, CoinShares mencatat aliran dana masuk mencapai angka fantastis, menandai periode paling menguntungkan sejak tahun 2021.

Apa yang mendorong lonjakan ini, dan bagaimana dampaknya terhadap pasar?

Aliran Dana Crypto Pecahkan Rekor

Minggu lalu, industri crypto menyaksikan penambahan dana sebesar $176 juta, menjadikan ini minggu ke-10 berturut-turut aliran dana masuk yang signifikan di manajer aset seperti CoinShares, Bitwise, Grayscale, ProShares, dan 21Shares.

Baca juga: Naik Drastis, Harga Bitcoin (BTC) Tembus $42.000, Saatnya Investasi?

Menurut catatan yang dilaporkan oleh CoinShares, total akumulasi selama periode ini mencapai $1,76 miliar, sebuah angka yang mengesankan dan mencerminkan 4% dari total aset yang dikelola yang kini berjumlah $46,2 miliar.

aliran dana masuk crypto
Sumber: CoinShares

Meskipun terjadi peningkatan yang luar biasa sebesar 107% dalam aset yang dikelola tahun ini, jumlah tersebut masih berada di bawah rekor tertinggi sebesar $86,6 miliar yang tercatat pada tahun 2021.

Volume perdagangan produk crypto juga tetap tinggi, dengan $2,6 miliar transaksi terjadi minggu lalu, yang menyumbang 12% dari total volume Bitcoin.

Bitcoin dan Ethereum Rajai Pasar

Bitcoin, sebagai pemimpin pasar, berhasil menarik dana masuk sebesar $133 juta minggu lalu. Produk Bitcoin jangka pendek juga mengalami aliran masuk sebesar $3,6 juta, mengakhiri tren penarikan dana selama tiga minggu. Ini menunjukkan bahwa investor tetap optimis terhadap masa depan Bitcoin.

Sumber: CoinShares

Di sisi lain, Ethereum juga tidak ketinggalan dengan aliran masuk tambahan sebesar $31 juta, memperpanjang tren positif selama lima minggu menjadi $134 juta. Untuk pertama kalinya tahun ini, aliran dana bersih Ethereum menjadi positif sebesar $10 juta, menandakan perubahan sentimen yang signifikan setelah periode negatif yang panjang.

Kedua mata uang digital ini mencapai nilai tertinggi dalam 18 bulan terakhir, dengan Bitcoin diperdagangkan di $41,836 dan Ethereum di $2,241.

Baca juga: Ethereum Cetak Sejarah, Pemakaian Energi Turun Drastis hingga 99%!

Investor Fokus pada Altcoin Tertentu

Selain Bitcoin dan Ethereum, altcoin tertentu juga menarik perhatian investor. Solana (SOL) terus menerima aliran dana masuk dengan $4,3 juta, sementara Cardano (ADA) dan XRP masing-masing menarik $0,1 juta dan $0,5 juta. Ini menunjukkan bahwa investor tidak hanya fokus pada dua mata uang digital utama, tetapi juga mencari peluang di altcoin lain.

Sumber: CoinShares

Kanada, Jerman, dan Amerika Serikat menjadi negara dengan aliran dana masuk terbesar, menambahkan $79 juta, $57 juta, dan $54 juta secara berturut-turut. Sementara itu, Hong Kong menjadi outlier dengan aliran dana keluar sebesar $15 juta. Ini menunjukkan bahwa meskipun ada peningkatan global dalam produk investasi aset digital, terdapat variasi yang signifikan di tingkat regional.

Kesimpulannya, tren positif yang terjadi di pasar crypto saat ini menunjukkan kepercayaan yang meningkat dari para investor. Dengan Bitcoin dan Ethereum memimpin kenaikan, serta altcoin lain yang juga menunjukkan performa yang kuat, masa depan industri crypto tampak cerah.

Investor tampaknya telah menemukan kembali semangat mereka untuk aset digital, yang bisa menjadi sinyal awal dari era baru pertumbuhan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: