Rekor Terbesar, Aliran Dana Mingguan Investasi Crypto Mencapai Rp2,9 Triliun Sejak Juli 2022!

author:

Rekor Terbesar, Aliran Dana Mingguan Investasi Crypto Mencapai Rp2,9 Triliun Sejak Juli 2022!

Produk investasi berbasis aset digital mencatat aliran dana mingguan terbesar sejak Juli 2022, menurut laporan mingguan dari firma manajemen aset digital Eropa, CoinShares. Total aliran dana ke produk investasi berbasis crypto kini mencapai $199 juta (Rp2,9 triliun), dengan Bitcoin yang memimpin aliran dana sebesar $187 juta (Rp2,8 triliun).

Bitcoin Memimpin Aliran Dana

Twitter

Berdasarkan cuitan akun Twitter CoinShares pada 26 Juni 2023 kemarin, terlihat pergeseran tajam ke arah bullish di antara para investor, menyuntikkan dana sebesar $199 juta atau setara dengan Rp2,9 triliun ke dalam produk investasi aset digital.

Angka tersebut menandai arus masuk mingguan tunggal terbesar sejak Juli 2022 lalu, mengoreksi hampir setengah dari 9 minggu berturut-turut arus keluar.

Sementara itu, menurut laporan Decrypt (26/6/23), Bitcoin menjadi aset utama dalam aliran dana, dengan total $187 juta (Rp2,8 triliun), atau 94% dari total aliran dana. Produk Bitcoin jangka pendek melihat total aliran keluar sebesar $4.9 juta (Rp73 miliar), untuk minggu kesembilan berturut-turut.

Baca juga: Ledakan Musim Panas Bitcoin: Prediksi Mengejutkan Menuju $48,000!

Lebih lanjut, peningkatan ini terjadi setelah sejumlah institusi profil tinggi mengajukan permohonan untuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) minggu lalu dan harga Bitcoin mencapai level tertinggi dalam setahun. Raksasa manajemen aset BlackRock diketahui mengajukan aplikasi untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot pada 15 Juni 2023 lalu.

“Kami percaya bahwa sentimen positif yang diperbarui ini disebabkan oleh pengumuman terbaru dari penerbit ETP profil tinggi yang telah mengajukan ETF yang didukung secara fisik dengan Komisi Sekuritas & Bursa AS,” kata laporan tersebut.

Ethereum dan Altcoin

Sementara itu, Ethereum melihat aliran dana sebesar $7.8 juta (Rp116 miliar), mewakili hanya 0,1% dari aset di bawah manajemen (AUM), relatif terhadap aliran dana Bitcoin sebesar 0,7%, menunjukkan minat yang lebih rendah untuk Ethereum dibandingkan dengan Bitcoin saat ini.

Namun, sentimen positif tidak merembes ke dalam investasi altcoin, menurut laporan tersebut.

“Perubahan sentimen ini tidak merembes ke altcoin dengan hanya aliran masuk yang sangat kecil ke XRP dan Solana total $0,24 juta dan $0,17 juta masing-masing. Tetapi sentimen yang membaik mendorong beberapa investor untuk membeli ETP investasi multi-aset, dengan aliran masuk $8 juta minggu lalu,” tambah laporan CoinShares.

Meski demikian, peningkatan aliran dana ini menunjukkan bahwa investor semakin optimis terhadap pasar cryptocurrency. Peningkatan ini juga bisa menjadi indikator bahwa pasar mungkin akan melihat lebih banyak aliran dana ke produk investasi berbasis crypto di masa mendatang.

Dampak pada Pasar Cryptocurrency

adopsi crypto 2023
History Computer

Aliran dana mingguan yang besar ini menunjukkan bahwa investor semakin optimis tentang prospek jangka panjang aset digital. Ini bisa menjadi indikator bahwa pasar mungkin akan melihat lebih banyak aliran dana ke produk investasi berbasis crypto di masa mendatang.

Baca juga: Ark Invest Lepas Investasi Tesla dan Kucurkan Dana Rp231 Miliar untuk Crypto Exchange!

Selanjutnya, peningkatan aliran dana ini juga mengindikasikan bahwa investor institusional semakin tertarik pada aset digital. Dengan BlackRock dan Fidelity Investments mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin spot, ini menunjukkan bahwa institusi keuangan besar semakin melihat potensi dalam aset digital.

Namun, meskipun aliran dana mingguan ini positif, masih ada tantangan yang dihadapi pasar cryptocurrency. Regulasi yang ketat dan volatilitas harga yang tinggi masih menjadi hambatan bagi adopsi aset digital yang lebih luas. Meski demikian, dengan aliran dana mingguan yang besar ini, tampaknya investor semakin optimis tentang masa depan aset digital.

Secara keseluruhan, dengan aliran dana mingguan terbesar sejak Juli 2022, tampaknya pasar cryptocurrency sedang melihat peningkatan optimisme dari investor. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, peningkatan ini menunjukkan bahwa investor semakin melihat potensi dalam aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: