Harga BTC Diprediksi Melonjak? Aliran Dana $2,7 Miliar dari GBTC Menanti Konversi ETF

Array

Harga BTC Diprediksi Melonjak? Aliran Dana $2,7 Miliar dari GBTC Menanti Konversi ETF

Sejak awal tahun ini, para pedagang telah memborong saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang diperdagangkan dengan diskon dibandingkan nilai aset Bitcoin yang mendasarinya.

Mereka berharap bisa mendapatkan selisih jika GBTC dikonversi menjadi ETF Bitcoin spot. Namun, analis JPMorgan memperkirakan bahwa konversi ini bisa memicu aliran dana sebesar $2,7 miliar dari GBTC.

Perhitungan Aliran Dana

jpmorgan bank india

Analis JPMorgan telah mempelajari aliran dana ke GBTC sejak 2023 untuk menghitung berapa nilai saham yang mungkin dijual saat konversi. Mereka memperkirakan angka ini sekitar $2,7 miliar. Metode ini menghasilkan perkiraan sekitar $2,5 miliar untuk aliran dana bersih ke GBTC sejak awal tahun.

Angka ini meningkat menjadi hampir $2,7 miliar jika ditambahkan dengan penutupan short interest sejak awal tahun. Dengan asumsi sebagian besar pembelian ini didorong oleh spekulasi tentang GBTC menjadi ETF, kemungkinan besar investor crypto akan keluar dan mengambil keuntungan setelah dikonversi menjadi ETF, menurut analis.

Baca Juga: Analis ETF Menaikkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Spot di AS Menjadi 65%!

Pertanyaan tentang aliran keluar muncul karena investor tampaknya membeli saham dengan diskon yang signifikan dalam antisipasi konversi ETF, dengan niat untuk mendapatkan keuntungan ketika diskon terhadap nilai aset bersih dihilangkan saat konversi.

Dampak Aliran Dana pada Pasar Crypto

Jika jumlah $2,7 miliar benar-benar dikeluarkan sepenuhnya, maka aliran keluar seperti itu tentu akan memberikan tekanan turun yang kuat pada harga Bitcoin, catat analis. Namun, mereka berharap sebagian besar jumlah ini akan dialihkan ke instrumen Bitcoin lainnya, seperti ETF Bitcoin spot yang baru dibuat setelah persetujuan SEC.

Jika demikian, “maka dampak pasar negatif akan lebih moderat.” Perubahan ini akan mengubah keseimbangan aset di ruang dana Bitcoin dari $23 miliar di Grayscale Bitcoin Trust dan $5 miliar di dana lainnya menjadi $20 miliar di trust dan $8 miliar di tempat lain.

“Namun, keseimbangan risiko untuk harga Bitcoin cenderung miring ke downside menurut pendapat kami karena sebagian dari $2,7 miliar ini kemungkinan akan keluar sepenuhnya dari ruang Bitcoin,” tambah mereka.

Paragraf Penutup

Dalam catatan Kamis, JPMorgan mengulangi komentar yang dibagikan dengan The Block pada hari Rabu bahwa penyelesaian Binance dengan agensi AS adalah “positif” untuk bursa crypto dan industri.

Kehilangan pangsa pasar Binance baru-baru ini “harus dibatasi ke depan dan mungkin sebagian dibalik setelah implikasi dari penyelesaian pada operasi dan model bisnis Binance menjadi lebih jelas,” kata analis.

Baca Juga: Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array