Alibaba Luncurkan Model AI Tongyi Qianwen untuk Publik, Langkah Besar Menuju Dominasi AI di China?

Alibaba Luncurkan Model AI Tongyi Qianwen untuk Publik, Langkah Besar Menuju Dominasi AI di China?

Alibaba, raksasa e-commerce dan teknologi China, baru-baru ini mengumumkan peluncuran model kecerdasan buatan (AI) mereka, Tongyi Qianwen, untuk akses publik. Peluncuran ini menandai langkah signifikan dalam evolusi dan adopsi teknologi AI di China, terutama di tengah persaingan teknologi global yang semakin ketat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Tongyi Qianwen?

tongyi qianwen alibaba
Sumber: Akun Twitter Alibaba Cloude Intelligence Group

Dilansir dari Cointelegraph, Tongyi Qianwen adalah model bahasa buatan besar yang mirip dengan ChatGPT, yang dilatih pada korpus teks Bahasa Inggris dan Cina. Meskipun spesifikasi pastinya belum diketahui, ada kabar bahwa model ini mungkin dilatih dengan hingga 10 triliun parameter.

Sebelumnya, Tongyi Qianwen hanya tersedia untuk sekelompok terbatas pengguna selama fase pengujian beta. Peluncuran publik ini juga bertepatan dengan pelonggaran regulasi terkait penggunaan teknologi AI di China.

Baca Juga: Pertama Kali! Model AI Terbaru Meta, Llama, Kini Tersedia di Alibaba Cloud

Alibaba dan Strategi AI Masa Depan

Alibaba pertama kali memperkenalkan Tongyi Qianwen pada April, dengan rencana untuk mengintegrasikannya ke dalam semua aplikasi bisnis. CEO Alibaba Group, Eddie Wu, dalam surat internalnya kepada staf Alibaba, menyatakan bahwa AI akan menjadi pusat strategi masa depan Alibaba Group.

Dengan kata lain, Alibaba melihat AI sebagai agen perubahan terbesar dalam dekade mendatang, yang akan membawa gangguan di semua sektor.

Baca Juga: Tunjuk Pro Crypto Sebagai Pemimpin, Alibaba Siap ‘Bermain’ Crypto?

China dan Persaingan Teknologi AI

Pemerintah China baru-baru ini memberikan lampu hijau untuk beberapa layanan AI generatif untuk dirilis ke publik. Ini mencakup layanan dari raksasa internet seperti Baidu dan Tencent. Peluncuran ini menunjukkan bahwa China berupaya keras untuk bersaing di panggung global dalam teknologi AI, terutama ketika model-model seperti ChatGPT dan Google’s Bard belum resmi tersedia di negara tersebut.

Peluncuran Tongyi Qianwen oleh Alibaba menandai era baru dalam teknologi AI di China. Dengan dukungan dari pemerintah dan inovasi dari perusahaan teknologi besar seperti Alibaba, China mungkin segera menjadi pemimpin dalam revolusi AI global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: