Cocok Untuk Kreator NFT Pemula, Buat Gambar NFT Bisa Pakai Alibaba Cloud Serverless!

Cocok Untuk Kreator NFT Pemula, Buat Gambar NFT Bisa Pakai Alibaba Cloud Serverless!

Selama event Alibaba Cloud Developer Summit 2023 berlangsung, Alberto Roura, pimpinan site reliability engineering di Studio None, menyampaikan hal tentang menghasilkan gambar NFT menggunakan Alibaba Cloud Serverless. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Alberto Roura di Alibaba Cloud Developer Summit 2023

Alberto Roura di Alibaba Cloud Developer Summit 2023

Dilansir dari Geek Metaverse, Roura menjelaskan kesulitan dan tantangan dalam bekerja dengan media, seperti kebutuhan akan penyimpanan yang besar dan bagaimana ekosistem Web3, termasuk IPFS (kunci untuk menyimpan NFT), dioperasikan dan dibutuhkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Roura menunjukkan bagaimana seniman dapat membuat gambar mereka dan mengunggahnya ke situs JS yang dihosting di Alibaba Cloud Object Storage Service (OSS), di mana mereka dapat memilih dari berbagai atribut yang terdiri dari latar belakang digital, alat peraga, pakaian, dan lain sebagainya guna menyesuaikan NFT mereka dan mengubah tingkat kelangkaannya serta menjadikannya unik.

Metadata NFT kemudian dikirim ke bucket OSS, yang memicu peristiwa “ObjectCreated”, yang menghasilkan pembuatan koleksi NFT menggunakan skrip Python. Hasilnya, file ZIP dihasilkan, yang dapat diunduh atau diunggah ke koleksi ke IPFS dan mint.

Baca Juga: Founder Aave Beberkan Peran Tak Terduga Stablecoin Bagi DeFi

Serverless Computing Mempermudah Para Seniman NFT

Serverless Computing Mempermudah Para Seniman NFT

Selain memecahkan masalah penyimpanan data, solusi ini dapat memudahkan seniman yang tidak terbiasa dengan teknologi untuk mengubah karya seni mereka menjadi NFT. Ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat ditawarkan Alibaba dalam ekosistem Web3, yang telah diminati perusahaan selama beberapa waktu.

Pada bulan September 2022, Tmall Luxury Pavilion, platform belanja mewah Alibaba, meluncurkan pengalaman metaverse yang imersif dan Meta Pass yang menjamin akses gratis.

Dikutip dari Geek Metaverse, serverless computing telah mendominasi berita utama, pameran dagang teknologi, dan konferensi industri. Meskipun ide “serverless” sudah ada sejak tahun 2006, namun ini adalah konsep yang relatif baru. Banyak orang tampaknya percaya bahwa komputasi tanpa server adalah evolusi alami dari model komputasi.

Referensi: