Aliansi BRICS Siap Sambut 3 Negara Baru pada Agustus 2023!

Aliansi BRICS Siap Sambut 3 Negara Baru pada Agustus 2023!

Aliansi BRICS, yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, bersiap untuk pertemuan tahunannya pada bulan Agustus 2023. Dalam pertemuan tersebut, berbagai topik akan dibahas, termasuk pengenalan mata uang baru, konflik Rusia di Ukraina, dan ekspansi aliansi.

Banyak negara telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS, dan tiga negara, yaitu Argentina, Iran, dan Uni Emirat Arab, kemungkinan besar akan bergabung dengan aliansi ini pada bulan Agustus 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Argentina Menuju Keanggotaan BRICS

argentina join brics
Sumber: National Today

Dilansir dari Watcher Guru, Argentina telah membuat kemajuan signifikan dalam upayanya untuk bergabung dengan BRICS.

Negara ini telah mendorong upaya de-dolarisasi dengan beralih dari Dolar AS ke Yuan China. Bulan lalu, Bank Pembangunan Baru (NDB) memberi tahu Argentina bahwa pemungutan suara tentang pengenalan negara ini ke dalam bank akan dilakukan pada bulan Agustus.

Baca Juga: Bangladesh Berpotensi Gabung BRICS, Rumor Permintaan Resmi Menggema, Apa Dampaknya Bagi Crypto?

Iran dan Uni Emirat Arab Menuju Keanggotaan BRICS

Iran juga telah mengambil langkah-langkah menuju keanggotaan BRICS, termasuk mengajukan aplikasi resmi. Duta Besar China untuk Iran, Chang Hua, mengatakan bahwa China mendukung masuknya Iran ke dalam blok BRICS.

Sementara itu, Uni Emirat Arab (UAE) adalah pemain ekonomi penting di kawasan Teluk dan memiliki ekonomi yang beragam. Ekonomi UAE dibangun oleh sektor-sektor seperti minyak dan gas, keuangan, perdagangan, pariwisata, dan logistik.

Baca Juga: Ethiopia Susul Mesir dan Aljazair Ajukan Permohonan Keanggotaan BRICS

Pengaruh Ekspansi BRICS

anggota brics
Sumber: Watcher Guru

Dengan tiga negara ini berpotensi bergabung dengan aliansi, BRICS akan meningkatkan kekuatan dan pengaruhnya di dunia dan mungkin mencapai tujuannya untuk de-dolarisasi lebih cepat dari yang diantisipasi. Ekspansi ini juga akan memperkuat kapasitas ekonomi aliansi, memberikannya sarana untuk menantang dominasi Dolar AS.

Pertemuan BRICS pada bulan Agustus nanti akan menjadi momen penting dalam sejarah aliansi ini. Dengan kemungkinan bergabungnya Argentina, Iran, dan Uni Emirat Arab, aliansi ini akan semakin kuat dan berpengaruh. Ini menunjukkan bahwa BRICS terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan global, dan siap untuk memimpin era baru dalam ekonomi internasional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: