Algorand Tingkatkan Performa dengan Upgrade Protokol Baru, Seperti Apa?

author:

Algorand Tingkatkan Performa dengan Upgrade Protokol Baru, Seperti Apa?

Algorand, jaringan blockchain Layer-1 berbasis bukti kepemilikan murni, telah mengumumkan upgrade protokol besar yang merilis waktu blok yang lebih cepat dan peningkatan penting lainnya.

Upgrade ini memperkuat posisi Algorand sebagai platform blockchain terkemuka dengan meningkatkan kecepatan transaksi dan memperkenalkan fitur baru yang memudahkan pengembangan aplikasi.

Upgrade Protokol Algorand: Lebih Cepat dan Lebih Efisien

Upgrade protokol terbaru Algorand, yang kini telah live di Mainnet, mengurangi waktu blok menjadi sekitar 3,3 detik, peningkatan kecepatan lebih dari 10 persen, sambil mempertahankan finalitas transaksi instan.

Kemampuan unik Algorand untuk segera menyelesaikan transaksi, bersama dengan peningkatan kinerja lainnya, memberdayakan aplikasi berbasis Algorand untuk memberikan pengalaman pengguna yang sebanding dengan aplikasi Web2 tradisional sambil memanfaatkan keamanan dan desentralisasi yang melekat dalam teknologi blockchain.

Pada minggu ini, protokol terkemuka industri ini juga merayakan ulang tahun keempat Mainnet Algorand, dan sedang dalam jalur untuk mencatat blok ke-30 juta mereka. Di balik pencapaian ini adalah pengakuan bahwa Algorand telah mengalami nol waktu henti sejak diluncurkan pada tahun 2019.

Baca juga: Heboh! Website Tesla Elon Musk Tampilkan Laman Khusus Dogecoin (DOGE)!

Rilis teknis terbaru Algorand memasukkan umpan balik berharga dari komunitas pengembang untuk memastikan pengembangan aplikasi lebih cepat, lebih mudah diakses, dan lebih hemat biaya. Beberapa produk dan peningkatan terbaru yang tersedia untuk pembangun di Algorand mencakup Simulate, simulator yang kuat untuk kontrak pintar yang memungkinkan pengembang untuk menguji secara ketat, mengidentifikasi, dan memperbaiki masalah sebelum dikerahkan ke Mainnet.

Algorand dan Peningkatan Kemampuan Pengembang

prediksi harga algorand 2030
Sumber: Freepik Premium License

Fitur baru untuk pengembang mencakup berbagi sumber daya grup untuk panggilan aplikasi, kontrol timestamp devmode untuk pengujian dApps, dan endpoint Algod baru untuk pembaruan status grup transaksi. Lebih banyak informasi tentang kemampuan ini dapat ditemukan di situs web pengembang Algorand.

Conduit adalah alat baru untuk akses data yang fleksibel dan ringan. Teknologi ini memungkinkan pengembang menjalankan solusi data mereka sendiri, mengakses kebutuhan data spesifik mereka dengan cara yang sederhana, fleksibel, dan terjangkau.

Dengan kemampuan baru ini, pembangun dapat membawa dApps berkualitas tinggi ke pasar lebih cepat melalui set data yang disesuaikan dan pengujian yang lebih cepat dan efisien.

“Kami sangat fokus pada Algorand yang menyediakan teknologi terbaik bagi pengembang untuk terlibat dan pengguna akhir untuk mengalami,” kata Paul Riegle, Chief Product Officer di Algorand.

Algorand dan Masa Depan Blockchain

Algorand terus membedakan dirinya sebagai protokol blockchain terkemuka, mencapai kecepatan 10.000 TPS dan mendukung interoperabilitas yang aman kuantum melalui State Proofs. Pembaruan protokol hari ini juga datang menyusul peluncuran AlgoKit oleh Algorand Foundation, sebuah suite alat pengembang yang komprehensif dan mudah digunakan untuk membangun aplikasi Web3 di Algorand.

Baca juga: Prediksi Harga Algorand 2023, 2025, 2030: Bakal Buat ATH Baru, Melonjak Hingga 7.700%?

Dengan pembaruan ini, Algorand berada dalam posisi yang baik untuk terus memimpin dalam ruang blockchain dan memberikan pengembang alat yang mereka butuhkan untuk membangun generasi berikutnya dari aplikasi terdesentralisasi.

Upgrade protokol ini juga telah memberikan dampak bullish pada harga token asli Algorand, ALGO. Meskipun token ini telah mengalami penurunan signifikan sejak mencapai puncak tahunannya sebesar $0.29858 pada bulan Februari, ia telah melonjak sebesar 16% dalam tujuh hari terakhir, mencapai harga perdagangan saat ini sebesar $0.12670.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: