Terobosan Baru dari Algorand: Waktu Blok Dipangkas 20%!

author:

Terobosan Baru dari Algorand: Waktu Blok Dipangkas 20%!

Inovasi terbaru di dunia crypto datang dari Algorand yang berhasil mempercepat waktu pembuatan blok sebesar 20%.

Kini, rata-rata waktu blok di blockchain tingkat pertama ini berada di bawah tiga detik, sebuah pencapaian yang menjanjikan peningkatan performa jaringan secara signifikan.

Upgrade Dinamis Lambda

upgrade algorand
Sumber: X

Algorand baru-baru ini mengimplementasikan pembaruan protokol yang disebut Dynamic Lambda, yang telah disetujui oleh jaringan pada tanggal 10 Januari 2024. Pembaruan ini memungkinkan penyesuaian waktu finalisasi blok berdasarkan tingkat kepadatan jaringan dan faktor lainnya. Hal ini tidak hanya mengurangi waktu rata-rata pembuatan blok tetapi juga meningkatkan skalabilitas dan kecepatan konfirmasi transaksi.

Baca juga: Hedera dan Algorand Berkolaborasi untuk Sistem Pemulihan Dompet Terdesentralisasi!

Dynamic Lambda bekerja mirip dengan sistem bus yang fleksibel, yang menyesuaikan waktu keberangkatan berdasarkan jumlah penumpang yang menunggu. Ini merupakan langkah maju yang diharapkan dapat meningkatkan throughput jaringan dan mengurangi waktu blok menjadi kurang dari tiga detik.

Ekosistem Algorand yang Berkembang

Meskipun harga token asli Algorand (ALGO) mengalami penurunan sebesar 4,5% dalam 24 jam terakhir dan 3,7% selama bulan lalu, Algorand tetap menjadi rumah bagi ratusan proyek. Beberapa di antaranya termasuk pasar non-fungible token (NFT) dari badan sepak bola global FIFA dan platform pasar perbankan digital serta asuransi yang berbasis di Italia.

Algorand, yang diluncurkan dengan tujuan untuk mengatasi “trilema blockchain” yang menyatakan bahwa blockchain terbatas dalam memilih dua dari tiga fokus: keamanan, skalabilitas, atau desentralisasi, terus berinovasi.

Rencana mereka untuk tahun ini termasuk mendukung bahasa pemrograman Python, transisi ke penggunaan lebih banyak relay node non-arsip, peningkatan mekanisme konsensus, dan peralihan ke jaringan gossip peer-to-peer yang mirip dengan Bitcoin.

Baca juga: Prediksi Harga Algorand 2023, 2025, 2030: Bakal Buat ATH Baru, Melonjak Hingga 7.700%?

Perkembangan dan Rencana Masa Depan

Algorand tidak berhenti pada pembaruan Dynamic Lambda. Mereka telah membagikan peta jalan bertema catur untuk tahun ini, yang menunjukkan berbagai rencana pengembangan. Dengan adanya dukungan untuk bahasa pemrograman Python, transisi ke penggunaan relay node non-arsip, peningkatan mekanisme konsensus, dan peralihan ke jaringan gossip peer-to-peer, Algorand berambisi untuk terus meningkatkan performa jaringannya.

Selain itu, Algorand juga berkolaborasi dengan Hedera untuk mengembangkan sistem pemulihan dompet yang terdesentralisasi. Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Algorand untuk terus berinovasi dan memperkuat posisinya di industri crypto.

Dengan pembaruan Dynamic Lambda yang telah berjalan, Algorand menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan meningkatkan performa jaringan. Ini adalah kabar baik bagi para pengguna dan pengembang yang mengandalkan platform ini, menjanjikan masa depan yang lebih cepat dan efisien dalam dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: