Alchemy Luncurkan dApp Builder, Cuma Butuh 4 Menit Untuk Buat dApp!

Array

Alchemy Luncurkan dApp Builder, Cuma Butuh 4 Menit Untuk Buat dApp!

Menurut Decrypt, adopsi massal sudah biasa terjadi di industri blockchain, namun untuk membuat sebagian besar orang menggunakan Web3 tetap akan membutuhkan waktu yang lama.

Alchemy menyampaikan kepada Decrypt bahwa mereka berharap platform ‘Create Web3 Dapp’, atau CW3D yang baru, akan membantu membuat lebih banyak orang tertarik pada teknologi terdesentralisasi.

“Misi dan visi kami secara keseluruhan adalah untuk membawa blockchain atau Web3 kepada satu miliar orang. Cara kami mewujudkannya adalah dengan memberdayakan para pengembang,” kata Elan Halpern, Manajer Produk di Alchemy, kepada Decrypt dalam sebuah wawancara, Senin (27/2/2023). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Alchemy Luncurkan dApp Builder Bernama CW3D

Alchemy Luncurkan dApp Builder Bernama CW3D
Sumber: Akun Twitter Alchemy

Dilansir dari Decrypt, bagi Halpern, membawa Web3 ke masyarakat harus dimulai dengan membuat para developer bersemangat untuk menciptakan produk yang akan digunakan oleh banyak orang.

Halpern mengatakan bahwa alat Create Web3 Dapp milik Alchemy dibuat open source dengan sengaja.

“Kami ingin orang-orang menambahkannya. Idenya adalah Anda dapat membuat template, komponen, dan menemukan fitur serta hal-hal lain yang Anda inginkan, dan alat CW3D dimaksudkan untuk mempermudah pengembang. Itu berarti melibatkan banyak ekosistem lain, banyak pendukung pengembang lain, dan orang-orang yang dapat berkontribusi di sana,” ujar Halpern, dikutip dari Decrypt, Senin (27/2/2023).

Baca Juga: Prediksi Harga Alchemy Pay 2023: Berpotensi Naik Hingga 563%?

Membuat dApp Hanya Membutuhkan Waktu 4 Menit Dengan CW3D

Membuat dApp Hanya Membutuhkan Waktu 4 Menit Dengan CW3D
Sumber: Alchemy Blog

Pada bulan November 2022, Alchemy meluncurkan platform allowlist NFT, Spearmint, untuk proyek layer-2 Ethereum. Alchemy mengatakan bahwa pengguna dapat membuat allowlist  dalam waktu kurang dari 10 menit, dan dengan CW3D, hanya dibutuhkan waktu 4 menit untuk membuat dApp.

Halpern mengatakan bahwa waktu 4 menit dapat bergantung pada hal-hal seperti konektivitas, tetapi dia juga mengatakan bahwa alat CW3D dilengkapi dengan semua alat yang diperlukan untuk membuat aplikasi terdesentralisasi, sehingga waktu yang dibutuhkan masih jauh lebih singkat dibandingkan dengan metode lain.

“Membangun di Web3 saat ini sangat mirip dengan membangun situs web pada tahun 1990-an. Ada banyak sekali peluang, namun sebagai pengembang, Anda tidak mendapatkan banyak alat atau dukungan infrastruktur,” kata Halpern.

“Jika Anda benar-benar ingin membangun aplikasi mainstream generasi berikutnya, alat dan infrastruktur harus dapat membantu Anda melakukannya,” tambahnya.

Referensi:

Array