Harga Bitcoin dan Ethereum Melesu Hingga 7% Hari Ini (15/3), Inilah 4 Alasan Merosotnya Pasar Crypto!

author:

Harga Bitcoin dan Ethereum Melesu Hingga 7% Hari Ini (15/3), Inilah 4 Alasan Merosotnya Pasar Crypto!

Pasar crypto mengalami penurunan tajam pada hari Jumat (15/3/24), dengan kapitalisasi pasar global crypto turun lebih dari 7% menjadi $2,55 triliun.

Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) keduanya anjlok lebih dari 7%, dan altcoin lainnya termasuk BNB, XRP, dan Cardano (ADA) juga mengalami penurunan. Kira-kira, kenapa pasar crypto anjlok hari ini?

Kedaluwarsa Opsi Hari Jumat

Menurut laporan Coingape (15/3) pasar bereaksi terhadap kedaluwarsa opsi Bitcoin dan Ethereum senilai lebih dari $3 miliar pada hari Jumat. Pasar crypto selalu mengalami volatilitas besar pada kedaluwarsa opsi.

Sumber: Deribit

Sebanyak 30.568 opsi BTC dengan nilai nominal $2,09 miliar diatur untuk kedaluwarsa hari ini. Rasio put-call adalah 0,79 dan titik sakit maksimal adalah $66.000, menunjukkan skenario pemesanan keuntungan untuk pedagang opsi sambil tetap bullish.

Baca juga: 5 Altcoin yang Banyak Disasar Investor Jelang Bitcoin Halving 2024!

Harga BTC turun ke level rendah $66.770 yang masih lebih tinggi dari harga sakit maksimal. Namun, Bitcoin akan mengalami pemulihan karena peluang membeli saat harga turun.

Sementara itu, 332.094 opsi ETH dengan nilai nominal $1,24 miliar diatur untuk kedaluwarsa, dengan rasio put-call 0,69. Titik sakit maksimal adalah $3.550. Pedagang sangat bullish pada Ethereum tetapi berhasil memesan keuntungan di atas titik sakit maksimal.

Harga ETH diperdagangkan lebih tinggi di $3.748 setelah turun ke level rendah 24 jam sebesar $3.656.

Harapan Pemotongan Suku Bunga Fed Memudar

Pemotongan suku bunga Fed akan sangat bergantung pada data ekonomi baru termasuk inflasi dan pekerjaan, Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell menjelaskan dalam kesaksiannya kepada Kongres.

Setelah data CPI yang lebih tinggi awal pekan ini, data PPI yang lebih tinggi, penjualan ritel, dan angka pengangguran menunjukkan inflasi yang lebih tinggi dan ketahanan ekonomi AS.Ini memberi Fed lebih banyak alasan untuk menunda pemotongan suku bunga hingga sebagian besar akhir tahun. Fed kemungkinan akan mempertahankan suku bunga stabil pada bulan Maret dan Mei.

Selain itu, data CME FedWatch menunjukkan probabilitas 54% pemotongan suku bunga 25 bps pada bulan Juni dan peluang 47% pemotongan suku bunga 25 bps pada bulan Juli. Pasar saham AS jatuh setelah data terbaru, dengan futures ekuitas AS dan pasar saham global turun hari ini di tengah volatilitas pasar dan ketidakpastian.

Sumber: Bloomberg

Indeks dollar AS (DXY) naik ke 103.40 dari 102.85, kenaikan pertama dalam empat minggu. Selain itu, imbal hasil Treasury 10 tahun AS naik di hari keempat berturut-turut menjadi 4,28%, level tertinggi sejak awal bulan setelah data PPI yang kuat mengurangi optimisme akan potensi penurunan suku bunga The Fed tahun ini. Fed swap saat ini mengisyaratkan kurang dari tiga kali penurunan suku bunga tahun ini.

Likuidasi Aset Crypto di Tengah Banjir Likuiditas

Sementara itu, pasar crypto melihat lebih dari $680 miliar dalam nilai pasar terhapus dalam likuidasi terbaru di tengah banjir likuiditas. Data Coinglass menunjukkan lebih dari 192K pedagang dilikuidasi dalam 24 jam terakhir dengan pesanan likuidasi tunggal terbesar BTC-USDT swap senilai $13,30 juta di bursa crypto OKX.

Sumber: Coinglass

Hampir $543 juta long dan $137 juta short dilikuidasi, dengan Bitcoin dan Ethereum menyaksikan lebih dari $242 juta dan $115 juta dilikuidasi. Ini menyebabkan pasar crypto berdarah, tetapi juga menawarkan peluang membeli saat harga turun.

Baca juga: Investor Crypto Raup Keuntungan $37,6 Miliar di 2023: Indonesia Berada di Urutan Nomor 5!

Aliran Masuk ETF Bitcoin Melambat

ETF Bitcoin Spot AS menyaksikan penurunan besar dalam aliran masuk, turun 80,6% menjadi $133 juta pada hari Kamis (14/3/24), dilaporkan oleh CoinGape. Ini menandai aliran masuk terendah selama delapan hari perdagangan terakhir karena sentimen Wall Street melemah di tengah data ekonomi baru.

Investor menarik kepemilikan di GBTC Grayscale di tengah puncak pra-pemotongan dan mengambil petunjuk dari penurunan pasar emas dan ekuitas. GBTC mencatat aliran keluar sebesar $257,1 juta pada hari Kamis.

Dengan berbagai faktor yang mempengaruhi pasar crypto hari ini, penting bagi kamu untuk tetap waspada dan melakukan penelitian sebelum membuat keputusan investasi.

Pasar crypto dikenal dengan volatilitasnya, dan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan yang tepat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: