Bukan Karena Laporan Matrixport, Ini Alasan Bitcoin Anjlok Hari Ini!

author:

Bukan Karena Laporan Matrixport, Ini Alasan Bitcoin Anjlok Hari Ini!

Pada peringatan ke-15 Bitcoin (3/1/24), pasar crypto mengalami penurunan signifikan, dengan Bitcoin turun sekitar 8%, berkontribusi pada penurunan hampir 9% di pasar crypto. Saat penulisan (4/1/24), harga Bitcoin merosot 4,65% dalam waktu 24 jam terakhir.

Penurunan ini bertepatan dengan spekulasi tentang penolakan potensial ETF Bitcoin spot oleh Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). Namun, analis ahli telah menolak kejatuhan ini sebagai tidak terkait dengan ketakutan penolakan ETF.

Penyebab Sebenarnya di Balik Penurunan Harga Bitcoin

Dilansir dari Coinpedia (3/1/24), sekitar setengah miliar dolar dalam posisi crypto-long dilikuidasi selama kekacauan pasar hari ini. Namun, analis crypto terkemuka, termasuk Scott Melker dan Joe Carlasare, menantang narasi bahwa ini adalah penjualan panik yang dipicu oleh laporan dari Matrixport.

Sebaliknya, mereka menyarankan bahwa ini adalah koreksi pasar yang khas dan kesempatan untuk long squeeze, menekankan bahwa pasar tidak bergerak dalam garis lurus.

Laporan Matrixport, yang dirilis pada peringatan Bitcoin, berspekulasi bahwa SEC akan menolak ETF spot. Laporan tersebut menyarankan bahwa penolakan semacam itu dapat merusak legitimasi Bitcoin sebagai alternatif penyimpanan nilai. Namun, laporan tersebut dikritik karena kurangnya bukti substansial untuk mendukung klaimnya.

Baca juga: Pertemuan Mendesak SEC dengan Nasdaq dan NYSE Soal ETF Bitcoin: Apa yang Terjadi?

Jendela Keputusan SEC dan Dampaknya

Jendela keputusan resmi SEC tentang masalah ETF adalah dari 5 Januari hingga 10 Januari 2024, menciptakan rasa antisipasi dalam komunitas crypto. Meskipun ada ketidakpastian, analisis Matrixport memperkirakan hanya penurunan moderat dalam harga Bitcoin jika ETF ditolak. Laporan tersebut memperkirakan penurunan potensial sekitar 20%, mungkin membawa nilai Bitcoin ke kisaran $36.000 hingga $38.000.

Saat pasar menavigasi melalui fluktuasi dan laporan spekulatif ini, menjadi penting untuk membedakan antara perkembangan faktual dan dugaan semata. Hari-hari yang akan datang diharapkan memberikan kejelasan saat SEC mengumumkan keputusannya tentang ETF Bitcoin spot.

Secara keseluruhan, penurunan harga Bitcoin hari ini menunjukkan sensitivitas pasar terhadap berbagai faktor, termasuk spekulasi dan ketidakpastian regulasi. Penting bagi investor untuk memahami dinamika di balik pergerakan pasar ini dan tidak terburu-buru dalam membuat keputusan berdasarkan laporan yang belum diverifikasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: