Harga Bitcoin (BTC) Turun Hari Ini (15/11/23), Ada Apa?

author:

Harga Bitcoin (BTC) Turun Hari Ini (15/11/23), Ada Apa?

Harga Bitcoin hari ini mengalami penurunan, menarik mata uang crypto ini di bawah level $35,000. Meski demikian, beberapa analis tetap optimis bahwa Bitcoin sedang memulai jalannya menuju $48,000. Yuk, kita telusuri lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin hari ini.

$126 Juta Dalam Posisi Likuidasi Panjang Bitcoin

Gerakan tajam di pasar futures Bitcoin tampaknya menjadi alasan utama penurunan harga hari ini. Likuidasi panjang Bitcoin dengan cepat melonjak menjadi lebih dari $97,9 juta dalam rentang satu jam pada 14 November 2023, dengan lebih dari $126,3 juta dilikuidasi dalam 24 jam sebelumnya.

Baca juga: Bitcoin Terjun di Bawah $36,500 Menjelang Perilisan Data CPI

Gambaran umum derivatif Bitcoin. Sumber: Coinglass

Ketika posisi beli BTC dilikuidasi tanpa tekanan beli dari para trader, harga Bitcoin terpengaruh secara negatif. Volume perdagangan Bitcoin turun lebih dari $7 miliar dari puncak November yang ditetapkan pada 9 November 2023 sebesar $13 miliar.

Volume perdagangan Bitcoin. Sumber: Newhedge

Rekor Jumlah Dompet BTC Menguntungkan

Meski harga Bitcoin mengalami penurunan pada 14 November 2023, persentase dompet yang menguntungkan mencapai rekor tertinggi tahun ini pada 11 November 2023. Lebih dari 83% pemegang jangka pendek dan jangka panjang saat ini menguntungkan.

Alamat Bitcoin dalam keuntungan. Sumber: Glassnode

Dengan jumlah dompet yang menguntungkan mencapai rekor, trader masih di bawah level keuntungan yang direalisasikan pada 24 Oktober 2023, tetapi peningkatan ini bertepatan dengan penurunan harga.

Pengambilan keuntungan pada Oktober didukung oleh peningkatan volume perdagangan, yang mungkin telah membantu menopang harga Bitcoin.

Baca juga: Harga Bitcoin (BTC) Diprediksi Akan Tembus $50.000, Waktunya Berinvestasi?

Aplikasi ETF Bitcoin Spot Menarik Perhatian

Ketidakpastian jangka pendek di pasar crypto tampaknya tidak mengubah pandangan investor institusional jangka panjang. Meski lingkungan regulasi AS yang bermusuhan, dua institusi besar, BlackRock dan Invesco Galaxy, memiliki ticker ETF yang terdaftar di situs web Depository Trust and Clearing Corporation.

Meski demikian, Komisi Sekuritas dan Bursa tampaknya akan terus menunda keputusan tentang persetujuan ETF Bitcoin hingga 2024.

Pada akhirnya, walaupun harga Bitcoin turun hari ini, peserta pasar jangka panjang masih mengharapkan pemulihan harga Bitcoin, terutama karena semakin banyak institusi keuangan yang tampaknya menerima BTC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: