Terkuak Alasan Dibalik Penurunan Harga Bitcoin yang Mengejutkan

Terkuak Alasan Dibalik Penurunan Harga Bitcoin yang Mengejutkan

Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa harga Bitcoin tiba-tiba anjlok meskipun ada inovasi seperti ETF spot Bitcoin? Artikel ini akan mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan harga Bitcoin, termasuk kekuatan Dolar AS dan penjualan besar-besaran dari GBTC, yang menempatkan pemulihan harga Bitcoin dalam risiko.

Kekuatan Dolar AS Menggoyahkan Bitcoin

Kenaikan tajam nilai Dolar AS baru-baru ini telah menimbulkan tekanan pada pasar crypto, termasuk Bitcoin. Sebagai mata uang global yang dominan, ketika Dolar menguat, aset lain cenderung melemah terhadapnya, termasuk Bitcoin. Ini karena investor cenderung mencari keamanan dalam Dolar ketika ada ketidakpastian di pasar.

Baca Juga: Jim Cramer Ramal Pasar Akan Alami Koreksi, Bagaimana Nasib Crypto?

Kekuatan Dolar ini bisa menjadi indikator bahwa investor crypto sedang mengalihkan fokus mereka dari aset berisiko seperti Bitcoin ke aset yang dianggap lebih aman. Hal ini menunjukkan bahwa sentimen pasar bisa berubah, dan Bitcoin mungkin akan menghadapi tantangan lebih lanjut jika Dolar terus menguat.

Penjualan GBTC Berdampak pada Harga Bitcoin

Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) merupakan salah satu cara bagi investor untuk terlibat dalam pasar Bitcoin tanpa harus membeli Bitcoin secara langsung. Namun, outflow besar-besaran dari GBTC telah memberikan tekanan tambahan pada harga Bitcoin. Penjualan ini menciptakan pasokan Bitcoin yang lebih besar di pasar, yang dapat menurunkan harga.

Outflow dari GBTC sering dianggap sebagai indikator sentimen investor terhadap Bitcoin. Jika investor menarik dana mereka dari GBTC, ini bisa menunjukkan bahwa mereka kurang yakin tentang prospek jangka panjang Bitcoin, yang bisa mempengaruhi harga Bitcoin secara negatif.

Potensi Penurunan Harga Bitcoin ke $34.000

Potensi Penurunan Harga Bitcoin ke $34.000
TradingView

Dengan faktor-faktor yang telah disebutkan, analis memperkirakan bahwa harga Bitcoin bisa kembali turun ke level $34.000. Penurunan ini akan menjadi pukulan bagi investor yang berharap pemulihan harga setelah periode volatilitas yang tinggi.

Namun, penting untuk diingat bahwa pasar crypto sangat tidak terduga dan faktor-faktor lain seperti regulasi, adopsi teknologi, dan perubahan dalam sentimen pasar dapat dengan cepat mengubah arah harga Bitcoin. Oleh karena itu, investor harus selalu waspada dan melakukan riset mereka sendiri sebelum membuat keputusan investasi.

Paragraf Penutup

Dalam dunia investasi crypto, perubahan bisa terjadi dengan cepat dan tanpa peringatan. Kekuatan Dolar AS dan penjualan GBTC adalah faktor-faktor yang tidak boleh diabaikan dalam analisis harga Bitcoin. Sebagai investor, kamu harus selalu siap untuk menyesuaikan strategi dan mengharapkan yang tak terduga di pasar yang dinamis ini.

Baca Juga: Apakah Bitcoin Akan Memasuki Era Keemasan? 3 Sinyal On-Chain Ini Beri Petunjuk!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi