Harga Bitcoin (BTC) Menguat, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (7/2/24)?

Harga Bitcoin (BTC) Menguat, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (7/2/24)?

Dalam dunia crypto yang penuh gejolak, Bitcoin kembali menjadi sorotan dengan menunjukkan tanda-tanda kekuatan yang signifikan. Meskipun hanya mengalami penurunan sebesar 0,3% dalam seminggu terakhir, ada beberapa faktor yang menunjukkan potensi kenaikan harga Bitcoin dalam waktu dekat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Aliran Dana Masuk yang Mengesankan

arus masuk coinshares
Arus masuk aset institusional kripto. Sumber: CoinShares

Bitcoin baru-baru ini menyaksikan aliran dana masuk yang mengesankan, dengan produk investasi Bitcoin mencatatkan 99% dari semua aliran masuk. Dengan tambahan dana sebesar $703 juta, total aset global yang dikelola kini mencapai $53 miliar.

Sementara itu, ETF GBTC dari Grayscale terus melambat dalam hal aliran keluar. Di sisi lain, kendaraan investasi Bitcoin jangka pendek, yang menghasilkan uang dari penurunan harga, mengalami aliran keluar yang minor. Hal ini sejalan dengan pembalikan sentimen negatif yang sebelumnya mewarnai pasar.

Baca Juga: Top 3 Memecoin Solana Favorit di 2024, Mana Paling Cuan?

Cadangan Penambang Meningkat

Cadangan Penambang Bitcoin
Cadangan Penambang Bitcoin. Sumber: CryptoQuant

Penambang Bitcoin, yang sebelumnya gencar menjual di akhir Januari, kini menunjukkan tanda-tanda penurunan tekanan jual. Dalam 24 jam terakhir, lebih dari 2.400 BTC telah ditambahkan ke cadangan penambang, menandakan bahwa tekanan jual dari kelompok pasar ini sedang mereda.

Meskipun Indeks Posisi Penambang masih di atas 1, yang berarti penambang masih cenderung menjual, peningkatan cadangan bisa menurunkan indeks ini dalam beberapa minggu ke depan. Indeks di bawah 1 akan menunjukkan bahwa penambang cenderung menahan penjualan.

Baca Juga: Top 5 RWA Token Terbaik di 2024

Kenaikan Biaya Bitcoin

kenaikan biaya bitcoin
Biaya jaringan Bitcoin. Sumber: terminal token

Peningkatan pendapatan on-chain selama pasar konsolidasi merupakan indikator permintaan jaringan yang kuat. Biaya Bitcoin yang dihasilkan selama seminggu terakhir meningkat sebesar 35,71%, menunjukkan ekspansi basis pengguna.

Kenaikan biaya ini menandakan bahwa pengguna bersedia membayar lebih untuk dimasukkan dalam blok berikutnya. Dinamika pasar saat ini menunjukkan narasi positif yang dapat mendorong momentum positif untuk Bitcoin di grafik.

Dengan berbagai faktor positif yang muncul, Bitcoin menunjukkan tanda-tanda kekuatan yang tidak bisa diabaikan. Meskipun pasar crypto selalu penuh dengan ketidakpastian, indikator saat ini menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan untuk Bitcoin dalam waktu dekat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: