Alameda dan Cumberland Mendominasi Pasar USDT dengan 70% dari Koin yang Diterbitkan

author:

Alameda dan Cumberland Mendominasi Pasar USDT dengan 70% dari Koin yang Diterbitkan

Alameda Research dan Cumberland, dua pembuat pasar terkemuka di industri crypto, telah mengakuisisi sebagian besar dari Tether (USDT), menurut laporan terbaru oleh Protos. Sejak peluncurannya pada 2014, kedua perusahaan ini telah membeli kembali sekitar 70% dari semua USDT yang pernah dikeluarkan oleh Tether.

Dominasi Alameda Research dengan 36,7 Miliar USDT

dominasi alameda research usdt
Sumber: Protos

Laporan terbaru dari Protos menunjukkan bahwa Alameda Research, sebuah perusahaan perdagangan crypto yang didirikan oleh miliarder Sam Bankman-Fried dan pemilik bursa FTX, telah muncul sebagai pembeli USDT terbesar. Selama tujuh tahun terakhir, mereka telah menerima sejumlah 36,7 miliar USDT dari kas Tether.

Baca juga: Tether Mendominasi Pasar Treasury AS dengan Eksposur $72 Miliar, Apa Dampaknya?

Sebagian besar dari jumlah ini, sekitar 86% atau 31,7 miliar USDT, diperoleh hanya dalam setahun terakhir, menunjukkan peningkatan permintaan yang signifikan untuk stablecoin ini.

FTX menonjol sebagai penerima utama dengan lebih dari 30,1 miliar USDT yang diterima dari Alameda Research. Bursa lain yang juga menerima USDT dari perusahaan ini termasuk Binance, Huobi, dan OKEx.

Cumberland dengan Akuisisi 23,7 Miliar USDT

dominasi cumberland usdt
Sumber: Protos

Selanjutnya, menurut laporan tersebut, Cumberland, divisi perdagangan crypto dari DRW Holdings, adalah pembeli USDT kedua terbesar. Sejak 2014, Cumberland telah memperoleh 23,7 miliar USDT dari kas Tether.

Sebagian besar dari akuisisi ini, khususnya 74% atau 17,6 miliar USDT, terjadi hanya dalam setahun terakhir.

Laporan tersebut juga menekankan bahwa Cumberland telah menjalin kemitraan erat dengan Binance sebagai sumber utama untuk likuiditas dan pembuatan pasar. Dengan berjalannya waktu, Binance menerima 79%, setara dengan 18,7 miliar USDT dari Cumberland.

Baca juga: Sebuah Dokumen Ungkapkan USDT Gunakan Jaminan Sekuritas China, Begini Respon Tether

Tether di Bawah Pengawasan Regulator dan Kritik Media

Pangsa Pasar Stablecoin Tether (USDT) Naik 54% ke Level Tertinggi
Sumber: Paudal

Tether, dengan kapitalisasi pasar lebih dari $74,44 miliar, saat ini berada di bawah pengawasan regulator dan media karena kekhawatiran mengenai transparansi dan kepatuhannya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Tether dikenakan denda sebesar $41 juta oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) karena melanggar Undang-Undang Pertukaran Komoditas dengan memberikan pernyataan palsu tentang cadangan yang mendukung USDT.

Selain itu, Bloomberg menuduh Tether menjalankan skema Ponzi, dengan dugaan bahwa perusahaan telah menggunakan cadangannya untuk membiayai pinjaman jangka pendek senilai miliaran dolar ke perusahaan-perusahaan China.

Pada akhirnya, kedua perusahaan, Alameda Research dan Cumberland, telah memainkan peran penting dalam pasar USDT.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: