Skandal Besar di Dunia Crypto: Alameda Research Cabut Gugatan!

Skandal Besar di Dunia Crypto: Alameda Research Cabut Gugatan!

Kabar mengejutkan datang dari industri crypto ketika Alameda Research secara tiba-tiba mencabut gugatan hukumnya terhadap Grayscale Investments. Langkah ini diambil setelah terjadi aliran keluar dana besar-besaran dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang baru-baru ini dikonversi menjadi ETF. Apa yang sebenarnya terjadi di balik layar?

Alameda Research dan Gugatan yang Kontroversial

Alameda Research, yang terkait erat dengan bursa crypto FTX yang bangkrut, telah memutuskan untuk menarik gugatan mereka terhadap Grayscale Investments. Gugatan yang diajukan pada Maret 2023 itu menuduh Grayscale menahan dana investor crypto senilai lebih dari $9 miliar di dalam GBTC.

Alameda juga mengecam biaya manajemen yang dianggap terlalu tinggi oleh Grayscale. Pada awalnya, Alameda Research mengajukan gugatan untuk mendapatkan injungsi yang akan membebaskan nilai lebih dari $9 miliar untuk pemegang saham Ethereum dan Bitcoin Trusts.

Baca Juga: Skandal Miliaran Dolar di Dunia Crypto: Alameda dan FTX Terlibat Transaksi Tether USDT!

Alameda, yang memiliki saham dalam Ethereum Trust dan Bitcoin Trust Grayscale sebagai bagian dari portofolio FTX yang bangkrut, mengklaim bahwa Grayscale telah menarik lebih dari $1,3 miliar dalam biaya manajemen yang berlebihan selama dua tahun terakhir. Gugatan ini merupakan bagian dari upaya lebih luas untuk memulihkan dana bagi pelanggan FTX yang terdampak oleh kebangkrutan bursa crypto tersebut.

GBTC Berubah Menjadi ETF dan Dampaknya

grayscale etf bitcoin

Grayscale telah mengubah GBTC menjadi ETF setelah mendapatkan persetujuan dari Securities and Exchange Commission (SEC) AS. Konversi ini memungkinkan investor Grayscale untuk menebus saham mereka, yang sebelumnya dilarang oleh Grayscale.

Sejak GBTC mulai diperdagangkan sebagai ETF pada 11 Januari 2024, telah terjadi aliran keluar dana yang signifikan. Dengan konversi GBTC menjadi ETF, yang merupakan yang pertama mendapatkan persetujuan SEC, investor mendapatkan kemudahan untuk keluar dari posisi mereka.

Dilaporkan bahwa sekitar $2,8 miliar mengalir keluar dari GBTC setelah konversinya menjadi ETF. Pada hari Senin, perusahaan tersebut dikabarkan telah mengirimkan 15.308 BTC senilai lebih dari $623 juta ke Coinbase Prime. Penarikan gugatan oleh Alameda Research bertepatan dengan laporan bahwa FTX telah menjual saham GBTC senilai lebih dari $1 miliar, sesuai dengan dokumen internal perusahaan dan sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Penutupan Kasus dan Implikasinya

Pencabutan gugatan oleh Alameda Research menandai babak baru dalam saga yang melibatkan dua raksasa di dunia crypto. CEO FTX, John J. Ray III, sebelumnya menyatakan bahwa gugatan tersebut bertujuan untuk membuka nilai yang ditahan oleh apa yang dia klaim sebagai tindakan Grayscale yang tidak adil dan larangan regulasi yang tidak tepat.

Grayscale merespons pembatalan gugatan dengan menyatakan bahwa langkah Alameda menegaskan posisi Grayscale bahwa tindakan hukum tersebut sama sekali tidak memiliki dasar.

Baca Juga: Sidang Sam Bankman-Fried dan Dampaknya pada FTX dan Alameda Research

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi