Akuisisi Qala oleh ₿trust Menandai Jack Dorsey dan Jay-Z yang Perkuat Jejak Bitcoin di Afrika!

author:

Akuisisi Qala oleh ₿trust Menandai Jack Dorsey dan Jay-Z yang Perkuat Jejak Bitcoin di Afrika!

₿trust, organisasi nirlaba yang didanai oleh mantan pendiri Twitter (kini X), Jack Dorsey, dan rapper Jay-Z, memperluas jejaknya di Afrika dengan mengakuisisi Qala, organisasi pelatihan pengembang Bitcoin.

Latar Belakang Akuisisi Qala oleh ₿trust

jack dorsey akuisisi qala
Pemberitahuan rebranding di situs web Qala – Sumber: Qala

₿trust didirikan pada tahun 2021 ketika Jack Dorsey dan Jay-Z berkomitmen untuk mendanai pengembangan Bitcoin di Afrika dan India dengan 500 bitcoin, yang saat itu bernilai sekitar $29 juta.

Baca juga: Hadapi Batas Tampilan Twitter, Jack Dorsey Sarankan Kolaborasi Bitcoin dan Nostr!

Sementara itu, Qala, yang juga diluncurkan pada tahun 2021, memiliki misi untuk mencari, melatih, dan mencocokkan pengembang perangkat lunak Afrika dengan perusahaan Bitcoin terkemuka. Organisasi ini berhasil membangun komunitas pengembang Bitcoin terbesar di Afrika.

Dengan akuisisi ini, Qala akan direbranding menjadi Program Pembangun ₿trust. Meskipun detail finansial dari akuisisi ini tidak diungkapkan, langkah ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem Bitcoin di Afrika.

Visi dan Misi ₿trust di Afrika

visi misi btrust di afrika
Sumber: Engadget

₿trust didirikan sebagai “trust yang tidak dapat dicabut” yang tidak menerima arahan dari Dorsey atau Jay-Z. Organisasi ini berfokus pada pengembangan talenta pengembang Bitcoin.

Bernard Parah, salah satu pendiri dan direktur Qala, menyatakan bahwa transisi ini seharusnya dilihat sebagai dorongan besar bagi ekosistem Bitcoin dan sebagai fondasi penting untuk memanfaatkan Bitcoin sebagai gerbang kebebasan finansial di Afrika.

Dengan akuisisi Qala, ₿trust berharap untuk memperluas misinya dalam mendukung pengembangan dan pendidikan pengembang Bitcoin open-source dari seluruh Global South.

Baca juga: Nigeria Pecahkan Rekor! 99% Penduduknya Kini Mengenal Crypto!

Langkah Selanjutnya untuk ₿trust dan Qala

Sebagai bagian dari akuisisi, CEO Qala, Femi Longe, dan manajer program Stephanie Titcombe akan bergabung dengan ₿trust sebagai pemimpin program di ₿trust Builders.

₿trust saat ini dipimpin oleh dewan direksi yang terdiri dari Abubakar Nur Khalil, Carla Kirk-Cohen, Obi Nwosu, dan Ojoma Ochai. Dengan kombinasi keahlian dan sumber daya dari kedua organisasi, ekosistem Bitcoin di Afrika diharapkan akan mendapatkan momentum yang signifikan.

Secara keseluruhan, akuisisi Qala oleh ₿trust menandai langkah penting dalam upaya memperkuat komunitas Bitcoin di Afrika. Dengan dukungan dari tokoh-tokoh industri seperti Jack Dorsey dan Jay-Z, masa depan Bitcoin di benua ini tampaknya cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: